kumparan
27 Desember 2019 10:55

Cara Atasi Napas Pendek di Trimester Ketiga Kehamilan

Hamil Trimester Ketiga
Hamil Trimester Ketiga Foto: Shutterstock
Baik pada trimester pertama, trimester kedua ataupun trimester ketiga, tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan. Salah satu yang umumnya terjadi di trimester akhir adalah napas menjadi pendek.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, dilansir Healthline napas pendek yang dialami pada trimester ketiga kehamilan disebabkan karena janin di dalam perut kian membesar. Alhasil rahim juga ikut membesar dan terdorong ke organ di dekatnya seperti diafragma dan paru-paru --naik sekitar 4 sentimeter dari posisi sebelum hamil. Nah karena paru-paru ikut tertekan maka Anda tidak bisa mengambil udara sebanyak mungkin setiap kali menghirup napas.
Hamil Trimester Ketiga
Hamil Trimester Ketiga Foto: Shutterstock
What to Expect juga melaporkan, meskipun sesak napas ringan dapat membuat ibu hamil menjadi kurang nyaman, namun hal ini normal terjadi. Tak perlu cemas juga, karena janin di dalam perut aman dan tetap mendapat oksigen melalui plasenta. Meski begitu, Anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi sesak napas saat hamil.
ADVERTISEMENT
1. Tidak membawa beban terlalu berat dan sebaiknya bagi keseimbangan antara tangan kanan dan kiri.
2. Berjalan secara santai, tubuh tegak, kepala lurus dan bahu tidak kaku. Postur tubuh yang tepat bisa membuat paru-paru Anda punya ruang untuk bekerja.
3. Jangan tergesa-gesa setiap mengerjakan sesuatu hal.
4. Usahakan posisi tidur Anda miring ke kiri atau setengah duduk kemudian hindari telentang. Karena tidur ke kiri merupakan posisi terbaik untuk sirkulasi.
5. Olahraga ringan yang aman sesuai kondisi Anda. Namun pastikan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan olahraga yang tepat.
ibu hamil
ibu hamil Foto: Shutterstock
6. Latihan olah napas yang biasanya diajarkan di kelas yoga. Ini bermanfaat untuk membantu Anda agar dapat mengatur napas.
7. Tarik napas dalam-dalam dan perlahan saat sesak napas lalu istirahat selama beberapa menit
ADVERTISEMENT
8. Jangan lupa untuk santai menghadapinya. Meski terlihat sulit namun semakin Anda gelisah maka semakin pendek pernapasan Anda.
9. Istirahat yang cukup dan jangan memaksakan diri untuk bekerja keras.
10. Makan sayur berdaun hijau, buah dan minum air putih yang banyak. Jaga berat badan sebab bila kelebihan dapat memperburuk sesak napas.
Moms, biasanya kondisi napas menjadi pendek pada trimester ketiga akan berhenti ketika usia kehamilan 36 minggu. Bellybelly menyebutkan hal ini karena bayi sudah memutar posisi untuk siap lahir. Alhasil tulang rusuk Anda punya lebih banyak ruang, paru-paru dapat mengembang lagi dan napas menjadi lebih mudah.