Mom
·
6 September 2020 12:01

Cara Atasi Sembelit pada Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Atasi Sembelit pada Anak (345228)
Ilustrasi anak sakit perut. Foto: Shutterstock
Apakah akhir-akhir ini anak Anda mengeluh sakit perut dan susah buang air besar? Jika ya, kemungkinan si kecil sedang mengalami sembelit, Moms. Kondisi ini umumnya menyerang anak-anak karena proses pencernaannya yang belum berkembang dengan baik seperti orang dewasa.
ADVERTISEMENT
Dokter Spesialis Anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kes, IBCLC mengatakan, ada berbagai faktor yang menjadi penyebab sembelit pada anak. Di antaranya adalah terlalu banyak mengonsumsi produk susu dan turunannya, kurang makan serat seperti sayur dan buah, serta kurang gerak atau kurang berolahraga.
"Takut BAB karena sakit akibat luka atau BAB keras, dalam fase toilet training seperti tidak mau BAB di toilet umum, atau memang faktor keturunan yakni BAB-nya lama," tulis dr. Citra dalam akun Instagramnya @/citra_amelinda.
Cara Atasi Sembelit pada Anak (345229)
Ilustrasi anak sakit perut karena sembelit. Foto: Shutterstock

Sembelit pada Anak Perlu Diwaspadai

Meski begitu, sembelit pada anak tidak boleh dibiarkan terlalu lama, Moms. Mengutip Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada jenis sembelit pada anak perlu diwaspadai bila sudah timbul sejak lahir, disertai perut kembung, dan mengganggu tumbuh kembang anak yakni Hirsprung.
ADVERTISEMENT
Penyakit bawaan lahir saat proses pembentukan saraf usus yang tidak normal. Sehingga anak susah mengeluarkan fesesnya. Namun bila 3 hari sebelumnya anak masih BAB secara normal, lalu sekarang sulit BAB, kemungkinan ia hanya mengalami sembelit biasa, Moms.
Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips dari dr. Citra.

Cara Atasi Sembelit pada Anak

- Sesuaikan pola makan diet dengan menu lengkap gizi seimbang untuk anak. Pastikan ada serat, kurangi produk susu, dan minum air putih yang sesuai usia. Contoh serat yang bisa dimakan anak adalah pir, pepaya, buah naga, peach, anggur, aprikot, atau apel.
- Bila anak jadi sembelit saat proses toilet training, tunda dulu sementara dan kembali gunakan popok.
- Saat mulai toilet training lagi, jangan memaksa anak untuk duduk di potty chair. Buat kegiatan toilet training sesuatu yang menyenangkan. Misalnya setiap habis sarapan, minta ia untuk duduk di toilet selama 3 menit. Orang tua juga harus menemani serta mendukung anak hingga bisa BAB sendiri.
Cara Atasi Sembelit pada Anak (345230)
anak sakit perut Foto: Shutterstock
- Selama duduk di potty chair, si kecil harus fokus dan tidak terdistraksi oleh gadget, dan mainan. Bila masih susah BAB, minta si kecil untuk jongkok.
ADVERTISEMENT
- Anak baru bisa diberikan obat pencahar ketika umurnya sudah 1 tahun ke atas, tapi harus tetap sesuai dengan petunjuk dokter ya, Moms.
"Kalau setelah satu minggu tidak ada perubahan, segera bawa anak untuk kontrol ke dokter spesialis anak terdekat. Kenali tanda bahayanya seperti sakit perut yang lama sampai satu jam, adanya darah di anus, muntah-muntah berulang, anak terlihat lemah dan pucat, dan perut anak terlihat membengkak," kata dokter yang praktik di Rumah Sakit Siloam Purwakarta, Jawa Barat ini.