Mom
·
12 Januari 2021 8:02

Cara Atasi Sembelit Setelah Melahirkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Atasi Sembelit Setelah Melahirkan (234936)
Ilustrasi sembelit setelah melahirkan Foto: Shutter Stock
Banyak ibu yang mengalami sembelit setelah melahirkan. Meski begitu, sembelit usai persalinan normal terjadi, Moms. Sembelit juga dapat terjadi baik pada ibu yang melakukan persalinan normal atau operasi caesar.
ADVERTISEMENT
Very Well Family melansir, sembelit usai melahirkan disebabkan oleh beberapa faktor dan berhubungan juga dengan perubahan yang terjadi di tubuh Anda. Misalnya, kurang asupan makanan padahal proses persalinan Anda panjang.
Selain itu, sembelit juga bisa terjadi akibat Anda menjalani operasi caesar karena sistem pencernaan perlu waktu 3 hingga 4 hari sampai kembali normal.
Lalu, bagaimana cara mengatasi sembelit usai melahirkan?

5 Cara Atasi Sembelit Usai Bersalin

Cara Atasi Sembelit Setelah Melahirkan (234937)
5 Cara Atasi Sembelit setelah Melahirkan Foto: Shutter Stock
1.Banyak Makan Serat
Makan kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran secara konsisten dapat mencegah dan meredakan sembelit usai melahirkan.
Perlu diketahui, rata-rata wanita membutuhkan 25 gram serat setiap hari, tetapi kita umumnya hanya mengkonsumsi sekitar 15 gram saja.
2.Perbanyak Minum Air
Saat menyusui, sebagian air akan digunakan untuk produksi ASI. Tanpa asupan air yang cukup, usus besar hanya akan menyerap cairan yang tersisa dari sisa makanan dan menghasilkan feses yang lebih keras.
ADVERTISEMENT
Jadi jika Anda menyusui, usahakan minum 10 hingga 12 gelas sehari. Mengutip Parents, tanpa air ekstra serat justru dapat memperburuk sembelit dan menyebabkan gas, kembung, dan refluks.
Cara Atasi Sembelit Setelah Melahirkan (234938)
Berolahraga dapat membantu mengatasi sembelit setelah melahirkan. Foto: Shutter Stock
3.Berolahraga
Menurut Toyia James-Stevenson, MD, seorang ahli gastroenterologi di IU Health, Indianapolis, aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke semua organ termasuk usus. Sehingga untuk mengurangi sembelit, kita harus banyak bergerak.
Tidak perlu olahraga yang berat kok, Moms. Sambil mendorong stroller atau berjalan pelan-pelan di sekitar rumah pun cukup.
Cara Atasi Sembelit Setelah Melahirkan (234939)
Ilustrasi toilet. Foto: Shutter Stock
4.Jongkok saat Buang Air Besar
Cobalah untuk jongkok ketika buang air besar atau gunakan bangku kecil untuk menopang kaki saat menggunakan toilet duduk.
Dalam posisi duduk atau berdiri, otot yang disebut puborectalis membuat usus besar menekuk sehingga feses sulit meluncur keluar. Itu lah kenapa mengangkat kaki atau berjongkok membuat lutut lebih tinggi dari panggul akan mengendurkan otot puborectalis dan memperlancar BAB.
ADVERTISEMENT
5.Jangan Abaikan Keinginan BAB
Meski ragu atau takut BAB karena masih merasa sakit, jangan tahan atau abaikan keinginan BAB. Hal ini hanya akan membuat feses lebih keras. Jadi segera lah ke kamar mandi jika Anda merasa ingin buang air besar.
6.Minum Obat Bila Perlu
Merasa perlu mengkonsumsi obat pelancar buang air besar? Boleh saja. Namun ada baiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter untuk mendapatkan resep yang aman, terutama bagi ibu menyusui.