Mom8 Februari 2018 17:01

Cara Memijat Punggung Bayi

Konten Redaksi kumparan
Cara Memijat Punggung Bayi (206)
Bayi mengantuk (Foto: Pixabay)
Bayi yang digendong seharian juga bisa mengalami pegal-pegal pada bagian punggungnya lho,Moms.
ADVERTISEMENT
Terutama buat si enam bulan ke atas, saat ia sudah bisa duduk tegak. Kalau sudah begitu, berikan pijatan pada punggungnya saja. Pasti si kecil akan merasa relaks setelahnya. Selain memberikan efek nyaman, pijat bayi juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, melenturkan otot, meningkatkan berat badan, meningkatkan kualitas tidur, menciptakan bonding, serta membentuk postur tubuh yang baik.
Tapi bukan asal pijat, Anda bisa mengikuti step by step dari kumparanMom (kumparan.com):
1. Persiapan
Cara Memijat Punggung Bayi (207)
Merawat bayi (Foto: Pixabay)
Sebelum memijat pada punggung bayi, pastikan bayi dalam keadaan mood baik. Tandanya, ajak ia mengobrol dan beritahukan kalau Anda akan memijatnya. Kalau ia setuju, bayi akan membalas dengan senyuman, tertawa, maupun berbaring relaks.
Sebaliknya, bila ia terlihat rewel atau mau menangis, sebaiknya tidak perlu dipaksa, Moms. Jika bayi setuju, selanjutnya pastikan tangan Anda sudah bersih, kuku tidak tajam agar tidak melukai bayi, bayi tidak dalam kondisi perut kosong, baru selesai menyusu atau makan, maupun terlalu kekenyangan. Siapkan juga minyak oles yang aman buat kulit bayi, atau bila sampai termakan bayi. Misalnya minyak yang terbuat dari biji-bijian alami.
ADVERTISEMENT
2. Mulai Memijat
Cara Memijat Punggung Bayi (208)
Kepala bayi. (Foto: Thinkstock)
Buka seluruh pakaian bayi, lalu balik tubuh bayi secara perlahan. Oles dan gosokan minyak ke kedua tangan Anda sampai terasa hangat. Anda bisa sambil melanjutkan mengobrol. "Ibu mau memijat adik supaya hangat dan sehat ya, nak," misalnya.
3. Waktu Pemijatan
Cara Memijat Punggung Bayi (209)
Bayi tenang (Foto: Pixabay)
Letakkan kedua tangan Anda di punggung bayi dan lakukan gerakan maju dan mundur secara perlahan. Kemudian ganti gerakan, dengan gerakan melingkar dengan jari-jari tangan Anda pada otot di samping tulang punggung bayi. Usap dengan lembut telapak tangan Anda dari bawah leher sampai ke bawah untuk mengakhiri pijatan.
Anda bisa melakukan pijat bayi selama 10-15 menit per harinya, Moms. Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white