kumparan
search-gray
Mom8 Maret 2018 12:33

Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan

Konten Redaksi kumparan
Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan (799671)
Ilustrasi Ibu Hamil (Foto: Thinkstock)
Saat hamil, penting untuk Anda menjaga asupan bergizi untuk kesehatan janin. Selain untuk tumbuh kembang janin, hal ini berguna untuk memastikan berat badan bayi dalam kandungan tetap ideal hingga saat ia lahir nanti.
ADVERTISEMENT
Karena bayi memang lahir dengan ukuran yang berbeda-beda. Beberapa bayi lahir dengan berat yang rendah (bayi berat lahir rendah) dan beberapa lainnya lahir dengan berat badan yang berlebih (bayi berat lahir besar). Berat lahir ini ditentukan oleh beberapa hal, di antaranya faktor-faktor genetik.
Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan (799672)
Ilustrasi berat bayi. (Foto: Thinkstock)
Tapi meski begitu, menurut seorang konsultan kebidanan dan ginekologi di Klinik S L Goh di Mount Alvernia Medical Centre D Singapore, Goh Shen Li, ada beberapa hal yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan berat badan bayi dalam kandungan.
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah tidur menghadap ke kiri.
Dikutip dari laman Young Parents, tidur menghadap ke kiri dapat meningkatkan peredaran darah dan menyalurkan oksigen dengan baik pada bayi.
ADVERTISEMENT
Dokter kandungan Anda juga mungkin memeriksa apakah tali pusar bayi Anda bekerja dengan baik. Karena jika tali pusar tidak bekerja dengan baik, hal ini akan menghambat saluran makan dan oksigen pada bayi, yang pada akhirnya akan menghambat pertambahan berat badan bayi.
Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan (799673)
Ilustrasi ibu hamil tidur nyenyak. (Foto: Thinkstock)
Kedua, mengonsumsi durian.
Menurut Goh, ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbonhidrat untuk menaikan berat badan bayi, dan durian bisa menjadi salah satu pilihan Anda.
Tapi sebelum Anda mengonsumsi durian, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan Anda agar kesehatan Anda maupun bayi tetap terjaga.
Ketiga, meningkatkan asupan kalori Anda.
Nutrisi adalah kunci selama kehamilan. Makanan yang Anda makan berperan langsung dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.
ADVERTISEMENT
Mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup berbagai jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak dan makanan olahan susu dapat memastikan bahwa bayi Anda memiliki berat badan yang seimbang.
Dikutip dari laman Live Strong, selama trimester ketiga, yang merupakan tiga bulan terakhir kehamilan, Anda harus makan sekitar 300 kalori tambahan per hari untuk meningkatkan pertumbuhan normal, menurut American Pregnancy Association.
Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan (799674)
Sumber protein (Foto: Thinkstock)
Tentu saja, Anda harus meningkatkan asupan kalori dengan makanan padat nutrisi, dan hindari makanan berkalori tinggi seperti kue, soda dan makanan cepat saji karena makanan tersebut tidak mensuplai nutrisi penting bagi bayi Anda.
Dan yang keempat, mengonsumsi lemak sehat.
Banyak wanita takut gemuk sehingga menghindari mengonsumsi lemak saat hamil. Padahal saat hamil Anda benar-benar butuh lemak. Selama dalam kandungan, bayi mengandalkan lemak untuk menyerap asupan vitamin dan mineral untuk pertumbuhannya.
ADVERTISEMENT
Tapi bukan bearti Anda bebas mengonsumsi makanan berlemak apa saja ya,Moms. Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, salmon, dan kacang-kacangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white