Mom
·
17 Januari 2018 17:04

Cara Mencuci Pakaian Bayi dengan Benar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Mencuci Pakaian Bayi dengan Benar (125100)
Mencuci baju bayi (Foto: Thinkstock)
Sebagai ibu baru, ada banyak hal yang perlu Anda pelajari dan ketahui, salah satunya adalah cara mencuci pakaian anak. Baju dan handuk yang tidak dicuci dengan bersih dan benar, akan menjadi berkembang biaknya kuman. Kuman yang terdapat dalam baju dan handuk bisa meyebabkan infeksi atau iritasi pada kulit anak. Hmmm nggak mau kan, anak jadi infeksi kulit karena kesalahan mencuci baju?
ADVERTISEMENT
Dirangkum kumparanMom (kumparan.com) dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat mencuci baju anak agar bebas dari kuman:
1. Periksa Label Petunjuk
Periksa label pakaian bayi. Pakaian dengan label baju yang lengkap umumnya memiliki petunjuk perawatan cuci seperti suhu air, cara mencuci (pakai tangan atau mesin), hingga menyetrika pakaian tersebut.
Dikutip dari laman Mom Junction, pabrik-pabrik baju bayi yang memasukan langkah-langkah mencuci pakaian dengan cara yang benar dan aman untuk bayi tahu betul bagaimana pentingnya proses perawatan baju bayi ini.
2. Pilihlah Deterjen yang Tepat
Cara Mencuci Pakaian Bayi dengan Benar (125101)
Mencuci baju anak (Foto: Thinkstock)
Banyak orang tua mencuci pakaian bayi mereka dengan deterjen biasa atau sama dengan yang dipakai untuk mencuci baju-baju orang dewasa. American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa selama bayi tersebut tidak memiliki alergi, tidak ada salahnya menggunakan deterjen biasa. Tapi jika takut bayi Anda memiliki alergi, Anda bisa memilih deterjen yang diformulasikan secara khusus untuk mencuci pakaian bayi yang memiliki formula lebih lembut dan dapat mengurangi risiko alergi.
ADVERTISEMENT
3. Perhatikan Suhu Air
Isi bak atau ember cuci dengan kadar air yang diinginkan. Dilansir laman The Spruce, pilih suhu air sesuai anjuran label kain. Jika tidak ada petunjuk, maka Anda bisa mencuci dengan air dingin atau suam-suam kuku, dengan suhu sekitar 35-40ºC.
4. Pisahkan Baju Bayi
Banyak orang tua yang menyatukan pakaian anak dengan pakaian anggota keluarga lainnya dan mencuci baju mereka semua secara bersamaan. Bagaimana dengan Anda?
Karena anggota keluarga lain punya aktivitas yang berbeda dengan bayi (misalnya ke kantor, berolahraga, ke sekolah, bahkan ke pasar) sebenarnya, akan lebih baik bila Anda memisahkan cucian dengan cucian baju bayi. Dengan kata lain, mencegah kotoran bakteri baju orang dewasa bercampur dengan pakaian si kecil.
ADVERTISEMENT
Selamat mencuci!