kumparan
23 Mei 2019 9:28

Cara Mengajarkan Anak Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

com-Ajarkan anak tentang kebersihan sejak dini.
com-Ajarkan anak tentang kebersihan sejak dini. Foto: Shutterstock
Sebagai orang tua, Anda perlu mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungannya. Kebiasaan positif tersebut bukan hanya menjaga si kecil agar tetap sehat, namun juga dapat menyenangkan orang-orang di sekitarnya karena kebersihan bisa mendatangkan keindahan.
ADVERTISEMENT
Namun sayangnya, terkadang anak susah untuk diajak menerapkan pola hidup bersih. Padahal, melatih anak menjaga kebersihan itu harus dilakukan sejak dini, agar saat dewasa ia sudah terbiasa.
Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melatih anak menjaga kebersihan:
Lakukan Pekerjaan Rumah Bersama
com-Melakukan pekerjaan rumah bersama.
com-Melakukan pekerjaan rumah bersama. Foto: Shutterstock
Tidak ada salahnya mengajak anak untuk ikut mengerjakan pekerjaan rumah bersama seperti menyapu, mengepel lantai, atau membersihkan pekarangan. Dengan terlibat langsung, ia akan menyadari bahwa tindakannya dapat membuat rumah menjadi bersih dan nyaman. Melakukannya secara rutin juga akan membuat si kecil terbiasa bersih-bersih saat dewasa nanti.
Agar tidak membosankan, lakukanlah pekerjaan rumah tersebut bersama dan semenarik mungkin. Anda bisa memutar musik saat bebenah, membawa mainan favorit untuk menemani si kecil, atau memberi reward dengan makanan dan minuman segar setelah aktivitas yang melelahkan.
ADVERTISEMENT
Ajarkan Lewat Cerita
com-Bercerita pada anak.
com-Bercerita pada anak. Foto: Shutterstock
Cerita memiliki kekuatan untuk memberi kesan mendalam dalam benak anak Anda. Oleh karena itu, dalam mengajarkan kebersihan pada anak, bercerita bisa menjadi salah satu cara yang Anda gunakan.
Kini sudah banyak buku cerita bergambar yang memberi pelajaran moral tentang kebersihan. Apabila ingin lebih kreatif, Anda bisa berkreasi dengan cerita sendiri menggunakan boneka atau alat peraga lainnya.
Kebiasaan Makan yang Baik
com-Makan makanan bergizi.
com-Makan makanan bergizi. Foto: Shutterstock
Gaya hidup bersih juga tercermin dari cara makan. Mengajari anak Anda kebiasaan makan yang baik tidak boleh terlewat, Moms. Mulailah dengan membiasakan anak Anda menghabiskan makanannya dari piring. Setelah itu, ajak pula anak untuk mencuci piringnya agar perlahan nanti dia terbiasa melakukannya secara mandiri
Jika ada makanan yang tumpah atau terdapat remah-remah tersisa, didik si kecil untuk ikut membereskan sisa makanan tersebut agar dia juga lebih bertanggung jawab.
ADVERTISEMENT
Ajarkan Mandi yang Bersih Setiap Hari
com-Biasakan anak mandi setiap hari.
com-Biasakan anak mandi setiap hari. Foto: Shutterstock
Satu hal yang perlu diperhatikan dalam melatih anak agar mau mandi setiap hari adalah konsistensi. Selain itu, untuk memastikan agar anak benar-benar bersih dan terlindungi dari kuman saat membersihkan diri, gunakanlah produk yang berkualitas dan terpercaya. Dettol, merek perlindungan kuman terpercaya, hadir dengan varian Dettol Original dengan wangi cemara yang segar higienis untuk menjaga anak tetap bersih dan sehat.
Jadikan Dettol teman setia untuk menjaga kebersihan tangan anak dan keluarga. Mulai dari sabun cuci tangan, hand sanitizer, hingga wet wipes tersedia agar tangan tetap bersih. Anda bisa mulai membiasakan membawa produk-produk tersebut ke mana saja agar tangan bebas kuman sehingga tidak perlu khawatir jika anak beraktivitas di mana pun, kapan pun.
ADVERTISEMENT
Untuk mandi, Anda dapat menyediakan sabun mandi Dettol untuk digunakan si kecil. Aroma khas cemara yang segar higienis membuat anak bersih dan harum. Formula sabun mandi Dettol juga mengandung bahan antibakteri alami, Lemongrass Oil, dan telah diuji terhadap 100 kuman.
Tidak hanya perlindungan kebersihan diri, Dettol juga hadir untuk melindungi rumah Anda. Gunakanlah Dettol Floor Cleaner untuk lantai rumah yang bersih kesat dan higienis.
Agar anak terbiasa dengan gaya hidup bersih, terus berikan dukungan dengan cara yang menyenangkan, Moms.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Dettol.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan