Mom
·
19 November 2020 9:56

Cara Mengasuh Bayi Baru Lahir Hingga Usia 18 Bulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Mengasuh Bayi Baru Lahir Hingga Usia 18 Bulan (45112)
ibu dan bayi - POTRAIT Foto: Shutterstock
Sudahkah Anda tahu cara yang tepat untuk mengasuh bayi baru lahir hingga usia 18 bulan? Ya Moms, menerapkan pengasuhan yang tepat tidak perlu menunggu sampai anak besar. Sejak bayi baru lahir, orang tua idealnya sudah menerapkan pola asuh yang benar agar tumbuh kembang anak pun optimal.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, orang tua perlu tahu bahwa pengasuhan anak sejak lahir sangat penting karena akan berdampak pada perkembangan karakter, prestasi, dan pertumbuhan fisiknya hingga besar.
Lantas, bagaimana cara memastikan pengasuhan si kecil yang tepat sejak bayi? kumparanMOM merangkum penjelasan dari Dokter Spesialis Anak, Dr. dr. Meita Dhamayanti, Sp.A(K). M. Kes pada webinar RSUP Dr. Hasan Sadikin dan Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Jawa Barat, mengenai hal ini:
Cara Mengasuh Bayi Baru Lahir Hingga Usia 18 Bulan (45113)
ibu dan bayi Foto: Shutter Stock

Mengasuh Bayi Hingga Usia 18 Bulan

1.Beri Bayi ASI

Pemberian ASI merupakan bentuk kasih sayang ibu kepada bayinya. Oleh karena itu, dekaplah anak dengan hangat dan jalinlah hubungan kasih sayang sambil menatap dan mengajak bayi bicara. Perasaan yang tidak menyenangkan pada ibu akan dirasakan oleh bayi dan berdampak pada rasa tidak nyaman pada saat menyusui.
ADVERTISEMENT

2.Pastikan Bayi Cukup Tidur

Jangan khawatir bila bayi dan balita Anda tidur lama dalam sehari. Sebab bayi berusia 4-12 bulan perlu tidur setidaknya 12-16 jam sehari, termasuk tidur siang. Jadi bila bayi baru lahir kelihatan tidur terus, tidak usah dibangunkan ya, Moms.

3.Sesuaikan dengan Kebutuhan

Terapkan pola asuh anak sesuai dengan kebutuhannya, Moms. Misalnya tangisan menunjukkan bahwa bayi membutuhkan bantuan. Jadi jangan biarkan bayi menangis lama karena akan membuatnya stres dan merasa tidak bahagia.

4.Curahkan Kasih Sayang

Penting bagi orang tua untuk memastikan pola pengasuhan yang diberikan pada anak harus dilakukan dengan penuh kasih sayang. Sehingga menimbulkan rasa aman, bahagia, dan percaya pada anak.
Cara Mengasuh Bayi Baru Lahir Hingga Usia 18 Bulan (45114)
ibu mengajak bayi bermain Foto: Shutterstock

5.Ajak Bermain untuk Beri Bayi Stimulasi

Bagi Anda yang memiliki balita berumur 1,5 tahun, cobalah untuk mengajaknya bermain dengan menggunakan permainan yang menstimulasi fisik, motorik, dan kemampuan berpikir anak.
ADVERTISEMENT

6.Waspadai Penggunaan Gadget

Sekarang ini, banyak orang tua yang memilih gawai untuk digunakan sebagai media mendiamkan bayi atau membuat anak balita menjadi tenang. Bila ini dilanjutkan, bukan tidak mungkin si kecil akan kecanduan sejak dini. Jadi hindari memberikan bayi atau anak berusia kurang dari 18 bulan gawai.
Penggunaan gawai berlebihan pada anak, akan berdampak pada keterlambatan bicara dan bahasa, kurangnya interaksi, anak mudah marah, anak tantrum, dan gangguan kognitif atau bisa menyebabkan anak menjadi kurang cerdas, Moms.