kumparan
search-gray
Mom24 Juli 2020 17:55

Cara Nina Zatulini agar Anak Tak Mudah Bosan selama di Rumah

Konten Redaksi kumparan
Cara Nina Zatulini agar Anak Tak Mudah Bosan selama di Rumah (383503)
Nina Zatulini. Foto: D.N Mustika Sari/kumparan
Momen di rumah aja seperti saat ini, seharusnya bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan bonding antara anak dan orang tua. Ya Moms, agar si kecil tidak mudah bosan selama berada di rumah, Anda harus punya berbagai cara kreatif. Hal ini, terkadang bisa jadi tantangan tersendiri bagi orang tua.
ADVERTISEMENT
Kondisi tersebut juga dialami oleh selebriti sekaligus momfluencer, Nina Zatulini. Nina tak memungkiri jika selama berada di rumah, sang anak, Kenzie Naratama Chandra, kerap dilanda rasa bosan. Ia pun dapat dengan mudah mengenali tanda si kecil bosan dari ekspresinya.
"Dia jadi lebih caper (cari perhatian). Mungkin karena tenaganya masih banyak tapi kegiatannya kurang. Kan belajar online juga pasti beda sama dia datang ke sekolah," kata Nina Zatulini dalam acara 'Festival Hari Anak Hari Kedua bersama Cussons Kids & Carex' bersama kumparan, Jumat (24/7).
Lantas, bagaimana cara Nina menghadapi sang anak saat dilanda rasa bosan?
Cara Nina Zatulini agar Anak Tak Mudah Bosan selama di Rumah (383504)
Festival Hari Anak Live Hari Kedua bersama Cussons Kids & Carex. Foto: kumparan

Membebaskan Anak Berekspresi

Perempuan berusia 28 tahun tersebut pun mengakui bahwa terkadang dirinya juga bingung mencari kegiatan apalagi untuk mengisi waktu anak. Sehingga, kadang-kadang ia juga membiarkan anak laki-lakinya itu bebas melakukan hal yang disukainya. 
ADVERTISEMENT
"Terserah deh dia mau berantakin ibaratnya rumah kayak apa yang penting dia happy, menikmati masa-masa itu, dan enggak bosan tentunya di rumah," tuturnya.
Meski begitu, Nina tetap mengawasi serta mendampingi anaknya untuk memastikan si kecil berada dalam kondisi yang aman.
Cara Nina Zatulini agar Anak Tak Mudah Bosan selama di Rumah (383505)
Nina Zatulini di acara Festival Hari Anak Hari Kedua bersama kumparan Foto: kumparan

Isi Waktu Anak dengan Membaca Buku hingga Melukis

Ibu dari dua anak ini berusaha tetap mengisi waktu anak dengan kegiatan yang positif dan tentunya baik untuk tumbuh kembangnya. Selama di rumah, Nina mengatakan dirinya lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak dengan membacakan buku, bermain bersama di area sekitar rumah, hingga salah satu kegiatan anak yang belum lama ini ia lakukan ialah melukis.
"Sebelumnya (melukis) jarang aku lakuin ke anak, tapi aku coba untuk sekalian melatih motoriknya," pungkas Nina Zatulini.
ADVERTISEMENT
Jika pada mulanya Nina dan anaknya mencoba melukis dengan menggunakan alat seperti kuas, baru-baru ini ia mencoba melakukan kegiatan finger painting bersama si kecil. Istri dari Chandra Tauphan Ansar ini mengatakan bahwa pada awalnya Kenzie khawatir tangannya akan kotor karena ia harus menggunakan jari tangannya untuk melukis. Tapi, lambat laun ia pun tertarik melakukan kegiatan tersebut.
"Dia penasaran dan enggak sabar. Akhirnya dicoba duluan walaupun pakai tangan. Biasanya mewarnai pakai kuas atau alat pensil mewarnai. Tapi dari sini (finger painting) kita bisa melatih motoriknya dia," tutupnya. 
Nah Moms, itulah cara Nina Zatulini agar anak tak mudah bosan selama di rumah. Yuk, intip juga keseruan Nina dan anaknya saat bermain di Mom Playdate bersama Cussons Kids dan Carex lewat tayangan di artikel ini.
ADVERTISEMENT