kumparan
1 November 2019 14:26

Cara Pilih Handuk yang Bagus untuk Bayi

Ilustrasi handuk
Ilustrasi handuk Foto: Shutter Stock
Moms, bagaimana cara Anda memilih handuk untuk bayi? Sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan ukuran, gambar yang menggemaskan dan terasa halus saat dipegang saja, lho. Masih ada hal-hal lain yang jauh lebih penting untuk pertimbangkan.
ADVERTISEMENT
Apalagi, handuk menjadi barang yang setiap hari dipakai dan mengena langsung ke kulitnya yang masih sensitif.
Sebagai panduan Anda, kumparanMOM merangkum beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan kita saat memilih handuk untuk bayi tercinta:
- Sesuaikan dengan cuaca setempat
Material yang halus memang cocok buat kulit bayi. Soal tebal tipisnya, maka sesuaikanlah dengan cuaca tempat Anda tinggal.
Di area yang dingin, Anda sebaiknya memilih handuk yang agak tebal sehingga dapat sekaligus menghangatkannya. Sementara bila Anda tinggal di area yang lebih hangat, maka pilihlah handuk berbahan katun sebab lebih mudah adanya sirkulasi udara.
Bayi pakai handuk
Bayi pakai handuk Foto: Shutterstock
- Tidak mengandung aroma
Pilihlah handuk yang tidak beraroma sama sekali, sebab hidung dan kulit si kecil bisa bereaksi terhadap bahan kimia oleh pewangi yang ditambahkan tersebut. Berhati-hatilah sekalipun produk dengan tambahan pewangi tersebut mengklaim diri sudah aman bagi bayi.
ADVERTISEMENT
- Material yang cocok
Yang sesuai buat bayi baru lahir yaitu katun dan flanel, Moms. Tapi bila Anda dapat menemukan handuk yang terbuat dari nilon, itu justru lebih baik lagi.
Sebagai tips tambahan, bila pilihan Anda tertuju pada katun, pililhlah katun combed. Ini karena bahannya yang lebih lembut dan halus.
- Daya serapnya tinggi
Handuk bayi sebaiknya punya daya serap dua kali lebih tinggi ketimbang handuk anak-anak dan oragn dewasa. Ini karena, si kecil butuh untuk kering secara cepat, agar terhindar dari kedinginan.
Ukuran daya serap yang bagus buat bayi baru lahir di antara 600-700 GMS (Grams per Square Meter) dan tidak kurang juga lebih. Ukuran ini umumnya tercantum pada label handuk, Moms.
bayi mandi
memandikan bayi baru lahir Foto: Shutterstock
- Ukuran yang sesuai
ADVERTISEMENT
Pastikan handuk yang dipilih berukuran sesuai dengan tubuh si kecil serta mampu menutup area tubuhnya. Ya, Anda memang perlu membelinya secara rutin seiring bertambahnya ukuran tubuh anak. Sebagai awal, Anda bisa pilih ukuran handuk 26 x 45.4 x 52 inch.
- Mudah dibersihkan
Pilihlah handuk yang mudah dibersihkan, misalnya materialnya aman untuk dimasukkan ke dalam mesin cuci. Dengan demikian, Anda bisa menghemat energi dan waktu. Jangan lupa pula untuk membaca label dalam mengetahui cara membersihkan dengan benar.
- Dahulukan fungsi daripada desain dan warna
Saat ini Anda bisa menemukan aneka desain handuk bayi yang menggemaskan! Orang tua memang bisa memilih desain apapun tergantung selera dan itu sah-sah saja. Yang terpenting fungsi dan materialnya adalah lebih utama daripada kepentingan desain dan warna. Sekarang, tak bingung lagi kan, Moms?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan