kumparan
search-gray
Mom15 Februari 2019 18:40

Cara Pilih Sikat dan Pasta Gigi Anak

Konten Redaksi kumparan
Sikat dan pasta gigi untuk anak.
Sikat dan pasta gigi untuk anak. Foto: Shutterstock
Merawat gigi anak harus dilakukan sejak dini. Salah satunya dengan membiasakan si kecil rutin menyikat giginya. Hal itu bisa mencegah timbulnya masalah gigi, seperti karies yang mudah dialami anak-anak.
ADVERTISEMENT
Agar optimal membersihkan giginya, membeli sikat dan pasta gigi yang tepat sangat penting, Moms. Lantas bagaimana cara memilihnya?
Sikat gigi anak tentu punya bentuk dan ukuran yang berbeda dari orang dewasa. Biasanya, sikat gigi anak juga memiliki gambar atau karakter kartun atau pahlawan super pada sikat gigi anak untuk menarik perhatian si kecil. Namun, bukan itu lho Moms, hal yang paling penting dalam pemilihan sikat gigi untuk anak.
Dilansir WebMD, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih sikat gigi anak.
Ilustrasi Sikat Gigi Balita
Ilustrasi Sikat Gigi Balita Foto: Thinsktock
Ukuran
Menentukan ukuran sikat gigi penting untuk kenyamanan anak. Ya, Anda harus menyesuaikannya dengan ukuran dan gigi si kecil.
Sebelum membeli sikat gigi, Anda harus memperhatikan keterangan usianya. Karena, keterangan usia yang tertera pada kemasan sikat gigi, sudah disesuaikan dengan ukuran mulut dan gigi anak.
ADVERTISEMENT
Jenis Sikat
Ilustrasi Sikat Gigi Balita
Ilustrasi Sikat Gigi Balita Foto: Thinsktock
Pemilihan jenis sikat yang tepat juga penting untuk membersihkan gigi anak serta membuat proses tersebut tidak terasa menyakitkan. Sebaiknya pilihlah jenis sikat gigi dengan bulu sikat extra soft atau sangat lembut agar tidak melukai gigi dan gusi anak.
Biarkan Anak Memilih Sendiri
Moms, jika anak sudah cukup besar, biarkan ia memilih model sikat giginya sendiri. Meski begitu, Anda tetap harus mendampingi dan mengarahkannya.
Dengan memilih sendiri bentuk sikat gigi favoritnya, diharapkan si kecil jadi rajin menyikat gigi.
Selain sikat gigi, Anda juga harus memilih pasta gigi yang sesuai dengan usia anak.
Ilustrasi menyikat gigi anak
Ilustrasi menyikat gigi anak Foto: Thinkstock
Menurut drg Yulia Sri Bono Widyastuti SpKGA dari RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Anda boleh memberikan anak pasta gigi dengan fluoride saat ia sudah bisa berkumur dengan baik. Namun bila belum, sikat saja giginya tanpa pasta gigi.
ADVERTISEMENT
American Academy of Pediatric Dentist menyatakan, kandungan fluoride merupakan faktor penting dalam memilih produk pasta gigi untuk anak. Fluoride sebenarnya bermanfaat untuk memperkuat dan mencegat terjadinya karies gigi. Namun, jika berlebihan, fluoride bisa menyebabkan fluorosis atau perubahan warna pada gigi anak menjadi coklat dan timbul bintik putih pada gigi.
Sejak bisa berkumur hingga berusia 5 tahun, balita dianjurkan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride sebesar 0,5 mgF/g pasta gigi. Sementara untuk anak usia 6-11 tahun, anak dianjurkan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride sebesar 1mgF/g pasta.
Nah Moms, yang tak kalah penting, agar anak menyikat gigi dengan benar, jangan lupa untuk selalu mendampinginya, terutama jika usianya masih balita.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white