kumparan
search-gray
Mom16 April 2018 12:00

Cari Tempat Bimbel yang Bagus untuk Anak? Ikuti 5 Tips Psikolog Ini

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi Anak Usia Sekolah
Ilustrasi Anak Usia Sekolah (Foto: Thinkstock)
Setiap orang tua pasti bangga bila anaknya berprestasi dalam bidang akademik. Namun tentu prestasi tidak begitu saja datang dengan sendirinya. Perlu usaha dari anak maupun orang tua. Termasuk bagaimana anak secara teratur belajar, mengulang materi yang diperolehnya di sekolah atau rajin mengerjakan latihan.
ADVERTISEMENT
Salah satu yang jadi pilihan banyak orang tua untuk memastikan hal ini? Mendaftarkan anak ikut bimbingan belajar atau bimbel bila dirasa anak membutuhkannya.
"Jika anak memang merasa perlu lebih banyak melatih kemampuannya menghadapi berbagai jenis soal dan membiasakan diri dengan situasi tes, khususnya untuk anak-anak yang akan menghadapi ujian kelulusan atau ujian masuk sekolah lanjutan seperti SBMPTN, ” ujar psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan UI, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi.
Namun jangan sembarang mendaftarkan anak ke satu tempat bimbel tanpa pertimbangan yang matang ya, Moms. Menurut Vera ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat bimbel.
Mengantar anak sekolah
Mengantar anak sekolah (Foto: Thinkstock )
Pertama, mempertimbangkan lokasi. Carilah lokasi tempat les yang dekat dengan rumah Anda, sehingga anak tidak terlalu lelah dalam perjalanan pergi atau pulang dari tempat bimbel.
ADVERTISEMENT
Anda juga perlu ingat bahwa anak pasti merasa lelah ketika pulang dari sekolah, Moms. Jadi pastikan memilih tempat les yang tidak jauh dari rumah.
Ilustrasi anak belajar
Ilustrasi anak belajar (Foto: Thinkstock)
Kedua, pilih waktu bimbel yang nyaman untuk anak. Sangat disarankan untuk orang tua memilih waktu yang pas untuk bimbel anak. Misalnya saat mereka pulang sekolah atau beberapa jam setelah mereka pulang dari sekolah (agar mereka bisa istirahat terlebih dahulu).
Hindari mengikutsertakan anak bimbel di akhir pekan karena ini adalah waktunya anak untuk istirahat maupun untuk aktivitas lain bersama keluarga.
Ketiga, pertimbangan metode atau cara belajar yang cocok dengan anak. Sesuaikan ritme belajar anak dengan ritme di tempat les. Jika anak lebih suka belajar sambil bermain, pilihlah suasana tempat bimbel yang menyenangkan agar anak tidak tegang saat belajar. Atau jika anak suka belajar di dalam ketenangan, pilihlah jam atau waktu tertentu di mana sang guru hanya mengajar 1 sampai 3 murid dalam satu kelas.
Tas sekolah anak.
Tas sekolah anak. (Foto: Thinkstock)
Keempat, pilihlah tempat bimbel yang kurikulumnya sesuai dengan kurikulum yang berjalan dengan sekolah anak. Hal ini berguna untuk menunjang pembelajaran sekolah anak.
ADVERTISEMENT
Anda juga dapat berdiskusi dengan guru atau pihak sekolah anak mengenai pemilihan tempat bimbel ini. Biasanya setiap sekolah memiliki rekomendasi tempat bimbel untuk diikuti siswa-siswinya terkait dengan metode pengajaran yang sejalan.
Dan yang terakhir, pilih tempat bimbel yang menyelenggarakan try-out secara rutin untuk membantu anak membiasakan diri dengan situasi tes sekolah. Ini bukan bermaksud buat anak jadi stres atau tertekan karena belajar, tapi ini berguna untuk membuat anak lebih siap saat menghadapi ujian.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white