Mom
·
2 Mei 2020 11:57

Cerita Marcell Darwin dan Nabila Faisal soal Jalani Kehamilan di Tengah Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Marcell Darwin dan Nabila Faisal soal Jalani Kehamilan di Tengah Pandemi (99788)
Marcell Darwin di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (7/1). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Menjalani kehamilan di tengah pandemi corona, tampaknya membuat banyak calon ibu cemas. Mereka umumnya mempertanyakan, bagaimana dampak virus itu terhadap kelahiran bayinya nanti. Belum lagi, kondisi yang serba terbatas ini juga rentan menimbulkan rasa cemas pada ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Padahal ibu hamil seharusnya tidak boleh stres, sebab hal itu bisa berisiko meningkatkan keguguran, kelahiran prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Lantas, bagaimana caranya agar ibu bisa menjalani kehamilan dengan bahagia di tengah pandemi corona?
Pada kesempatan 'Virtual Talk Episode 1: Bahagia Sambut Kelahiran Buah Hati di Tengah Pandemi', Senin (1/5) di kumparan, pasangan selebriti Marcell Darwin dan Nabila Faisal berbagi tips agar calon ibu bisa tetap berpikir positif dan bahagia menjalani kehamilan di tengah pandemi corona.
"Aku benar-benar bawa santai semuanya. Supaya enggak berpengaruh sama baby juga. Walau memang, awal-awal sempat cemas karena kita kan harus cek ke dokter, aman enggak ke rumah sakit. Cemas-cemas dikit ada, tapi aku kebetulan rajin meditasi dan itu benar-benar ngebantu banget. Kebetulan aku juga biasanya mengeluarkan rasa cemas dengan berolahraga," jelas Nabila.
Cerita Marcell Darwin dan Nabila Faisal soal Jalani Kehamilan di Tengah Pandemi (99789)
Marcell Darwin saat umumkan kehamilan sang istri, Nabila Faisal. Foto: YouTube/@The Darwins
Selain itu, di usia kehamilan 28 minggu ini, Nabila juga semakin selektif dalam mencari informasi seputar perkembangan virus corona. Sebab, informasi hoaks yang tidak valid juga bisa membuat ibu hamil semakin cemas dengan keadaan seperti ini.
ADVERTISEMENT
"Aku sekarang baca berita dari media yang udah pasti valid aja, biar enggak parno," tambahnya.
Sebagai suami, Marcell Darwin pun turut ambil peran agar sang istri bisa menjalani kehamilan dan proses persalinan dengan bahagia.
"Yang paling penting itu ngikutin apa saja yang dia mau. Terus pijatin tangan, kaki. Terus kan aku juga suka 'garing' ya orangnya. Dan itu kayaknya membantu Nabila untuk meringankan stresnya," kata Marcell.
Dalam kesempatan yang sama, Psikolog Anak dan Keluarga, Irma Gustiana, juga sepakat bahwa suami punya peran yang sangat penting selama proses kehamilan istri. Dukungan yang tepat dari suami, bisa membuat istri bahagia dan lebih siap menghadapi proses persalinan di tengah pandemi corona.
ADVERTISEMENT
"Jadi memang kontak fisik dari suami itu penting banget, karena vibrasinya beda. Jadi skin to skin body contact itu meningkatkan level kebahagiaan dan membuat imunitas lebih baik," jelas Irma.
Cerita Marcell Darwin dan Nabila Faisal soal Jalani Kehamilan di Tengah Pandemi (99790)
Marcell Darwin dan Nabila Faisal Foto: Instagram/marcelldarwin
Selain itu, Irma juga menyarankan agar suami bisa jadi pendengar yang baik, sebab hal itu ternyata bisa membantu meringankan beban pikiran istri yang sedang hamil.
"Jangan lupa juga mendengarkan. Nah, jadi saat mendengarkan itu harus be present, benar-benar hadir. Apalagi kalau sudah di trimester ketiga, biasanya istri tidur udah enggak enak dan jadi sering mengeluh. Nah, di masa seperti ini, suami harus mendengarkan dan diterima dulu. Karena saat istri sedang mengeluh, dia sedang mengeluarkan emosi negatifnya," tambah Psikolog sekaligus founder dari Ruang Tumbuh ini.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, meski sedang berada di dalam kondisi pandemi, sebisa mungkin tetaplah tenang dan berpikir positif saat menjalani kehamilan. Bila ada rasa cemas, sebaiknya segera utarakan dengan suami atau orang-orang terdekat Anda agar bisa merasa lebih rileks hingga waktu persalinan nanti tiba.
Nah Moms, lebih lengkapnya, Anda bisa menyaksikan cerita Marcell Darwin dan Nabila Faisal dalam menjalani kehamilan di tengah pandemi corona lewat tayangan di bawah ini.
------
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!