kumparan
26 Maret 2020 10:09

Cerita Putri Titian Kena Cacar saat Hamil, Bahaya Enggak Sih? Ini Kata Dokter

PTR- Putri Titian alami cacar air saat hamil anak kedua
Putri Titian alami cacar air saat hamil anak kedua. Foto: Instagram/@putrititian
Beberapa waktu lalu, aktris Putri Titian membagikan kisahnya terkena cacar saat hamil anak keduanya, Mykah Iago Liem. Cerita tersebut ia bagikan bertepatan hari ulang tahun Iago yang kala itu berusia 1 tahun.
ADVERTISEMENT
Dalam postingannya, istri dari Junior Liem ini mengatakan bahwa ketika terkena cacar, ia tak mengetahui jika dirinya sedang hamil. Belum lagi, perempuan yang akrab disapa Tian itu mengaku beberapa kali dirinya pernah terjatuh dan bekasnya meninggalkan luka.
Curhat Putri Titian saat hamil anak kedua
Curhat Putri Titian saat hamil anak kedua mengalami cacar air. Foto: Instagram/ @putrititian
Ya, ada banyak hal lainnya yang dialami pesinetron 'Sissy Ajah!' ini saat sedang hamil anak kedua. Sehingga, kondisi tersebut pun secara tak langsung membuat Tian merasa dikuatkan oleh kehadiran Iago yang saat itu padahal masih di dalam kandungan.
"Iago juga yang nguatin momom waktu momom ditinggal ayah. Iago datang di saat yang tepat.. Iago menjadi penguat dan penghibur momom dan keluarga," tulis Putri Titian beberapa waktu lalu dalam salah satu unggahan di Instagram pribadinya.
ADVERTISEMENT
Dari cerita yang dibagikan Putri Titian itu, mungkin membuat Anda yang sedang hamil atau bahkan tengah menjalani program hamil dilanda rasa khawatir terkena cacar, juga dampaknya terhadap janin.
Ibu Hamil Menangis
Ibu hamil trimester pertama. Foto: Shutterstock
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. Achmad Mediana, SpOG mengatakan, wanita yang sedang hamil muda yaitu pada trimester pertama dan ia terkena cacar air atau istilah medisnya dikenal dengan varicella (varisela), maka lebih berisiko mengalami keguguran.
Setelah ibu hamil melewati masa trimester pertama atau sekitar 16 minggu kehamilan, biasanya plasenta sudah terbentuk dengan utuh. Sehingga, plasenta juga mampu meredam infeksi virus, cacar air salah satunya.
"Kalau hamil sudah di atas 20 minggu lebih aman. Yang penting, demamnya terkendali," kata dr. Achmad ketika dihubungi kumparanMOM belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Dokter yang praktik di RSIA Kemang Medical Care, Jakarta ini pun menyarankan, agar wanita yang sedang hamil dapat menjaga kehamilannya dengan baik. Memang, berbagai penyakit mungkin bisa datang kapan saja, Anda pun dapat mencegahnya dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Ibu hamil makan sehat
Ilustrasi pola makan sehat untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Jangan lupa juga untuk penuhi asupan nutrisi lainnya dengan mengandung karbohidrat, protein, lemak, aneka vitamin dan mineral, asam folat, serta zat besi yang baik untuk ibu hamil dan janin, Moms.
Bagaimana dengan saran pencegahannya? Bila sebelumnya Anda belum pernah terkena cacar, sebaiknya diskusikan dengan dokter Anda. Umumnya dokter akan mengecek kekebalan tubuh Anda lewat tes darah dan memberi vaksin, bila hasil tes adalah rendah.
ADVERTISEMENT