Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Kenali Perubahannya

18 Mei 2024 13:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah. Foto: Aquarius Studio/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah. Foto: Aquarius Studio/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah biasanya merujuk pada kondisi kulit wajah wanita di masa kehamilan. Pada sebagian ibu hamil, perubahan di wajah akan tampak lebih dulu dibandingkan bagian tubuh lainnya, seperti perut membesar dan berat badan bertambah.
ADVERTISEMENT
Faktor terbesar yang mempengaruhi kondisi kulit ibu hamil adalah perubahan hormon. Merujuk laman UNM Health, pada awal kehamilan, tubuh perempuan akan memproduksi hormon estrogen dan progesteron dalam jumlah yang melimpah.
Kedua hormon tersebut bisa memicu produksi minyak secara berlebih di kulit. Sebagaimana diketahui, minyak berlebih bisa mengakibatkan beragam perubahan di kulit wajah. Perubahan itulah yang kerap dijadikan ciri untuk mengenali kehamilan.

Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

Ilustrasi Jerawat pada Ibu Hamil. Foto: Shutter Stock
Berikut ini beberapa perubahan yang biasanya akan tampak di kulit wajah para ibu hamil.

1. Munculnya Jerawat

Mengutip buku The Pregnancy Handbook susunan Nadia Mulya, kulit berminyak selama kehamilan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga muncul jerawat. Ini merupakan hal yang wajar dan dialami sekitar 40% wanita hamil menurut penelitian berjudul Management of severe acne during pregnancy: A case report and review of the literature oleh S.Z. Awan, MD and J. Lu, MD.
ADVERTISEMENT
Kondisi jerawat selama hamil bisa makin parah apabila wanita memiliki kulit yang pada dasarnya rentan berjerawat (acne prone skin). Untuk mengatasinya, disarankan rajin membersihkan wajah dan memakai obat jerawat.
Namun, tidak semua obat jerawat aman untuk ibu hamil. Menurut Buku Pintar Ibu & Bayi susunan Nia Nurdiansyah, S.Psi., hindari obat jerawat yang mengandung salicylic acid dengan kadar di atas 2%. Skincare yang mengandung BHA juga tidak disarankan.
Adapun bahan aktif skincare yang boleh dipakai menurut American College of Obstetricians and Gynecologists adalah topical benzoyl peroxide, azelaic acid, dan glycolic acid. Untuk lebih amannya, sebaiknya konsultasi langsung pada dokter kulit, ya, Moms!

2. Melasma

Ilustrasi Melasma pada Ibu Hamil. Foto: siro46/Shutterstock
Melasma atau ‘topeng kehamilan’ merupakan masalah kulit berupa flek kecoklatan yang muncul di area pipi dan hidung. Menurut buku The Pregnancy Handbook oleh Nadia Mulya, kondisi ini merupakan indikasi bahwa ibu hamil kekurangan asam folat.
ADVERTISEMENT
Namun tak perlu risau, sebab hampir 75% wanita hamil mengalami melasma sebagaimana yang diinformasikan laman UT Southwestern Medical Center. Jika Anda salah satunya, usahakan jangan terkena sinar matahari, terutama di antara jam 10 pagi hingga jam 2 siang.
Apabila ingin bepergian, jangan lupa gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Selain itu, selalu jaga kebersihan kulit wajah dengan mencucinya secara teratur.
Melasma mungkin akan jadi teman Anda selama masa kehamilan, karena belum ada pengobatan spesifik yang bisa digunakan untuk menghilangkan kondisi yang sifatnya hormonal. Meski begitu, melasma umumnya akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.