Mom
·
21 November 2020 15:19

Contoh Menu MPASI 4 Bintang untuk Bayi Usia 6 - 9 Bulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Contoh Menu MPASI 4 Bintang untuk Bayi Usia 6 - 9 Bulan (116768)
Resep MPASI: Bubur Kentang dengan Wortel dan Ayam Foto: Shutterstock
Pemberian menu MPASI 4 bintang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil agar ia terhindar dari mal nutrisi, berat badan rendah, ataupun stunting di kemudian hari. Pemberiannya disarankan pada setiap waktu saat si kecil makan makanan pokok. Sedangkan di sela-sela waktu makanan utamanya, ibu bisa memberikan buah-buahan atau camilan sehat supaya nutrisinya tetap terjaga.
ADVERTISEMENT
MPASI 4 bintang sendiri merupakan istilah untuk menu makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani, serta sayur. Anda bisa mengkreasikan menu MPASI 4 bintang sendiri di rumah sesuai dengan makanan kesukaan anak, Moms.
Prinsipnya si kecil boleh-boleh saja makan semua jenis makanan lokal yang ada di Indonesia. Hanya saja sesuaikan porsi, frekuensinya, dan tektsurnya sesuai usia anak.
"Negara kita Indonesia, memiliki bahan pangan yang sangat banyak sekali. Jadi kita berikan bayi sesuai dengan bahan makanan lokal ibunya, jadi semuanya makanan lokal di Indonesia boleh," ujar Dokter Anak dr. Ayi Dilla Septarini, Sp.A, beberapa waktu lalu.
Bahkan Anda juga boleh menambahkan bumbu-bumbu aromatik di dalam makanannya, agar rasanya tidak terlalu hambar, sehingga selera makan si kecil meningkat.
ADVERTISEMENT
"Kita tidak mewajibkan gula dan garam. Tapi kita tidak mengharamkan. Prinsipnya bayi itu apalagi bayi-bayi yang menyusu langsung ke ibunya, bayi-bayi yang menyusu langsung ke ibunya dia sudah merasakan cita rasa makanan ibunya melalui ASI. Ibunya makanannya pasti enak. Mengandung gula dan garam, begitu dikasih makan di usia 6 bulan, tanpa gula dan garam, kalau bayinya maunya ya silahkan alhamdulillah. Kalau bayinya ternyata tidak mau, ya jelas saja karena rasanya anyep hambar, jadi boleh diberikan sedikit gula dan garam," kata dr. Dilla.
Contoh Menu MPASI 4 Bintang untuk Bayi Usia 6 - 9 Bulan (116769)
bayi makan Foto: Shutterstock
Agar tak bingung mengkreasikan masakan apa untuk si kecil, 3 contoh menu MPASI 4 Bintang berikut ini mungkin bisa Anda coba, Moms. Semua resep ini dirangkum kumparanMOM dari kumpulan resep Praborini Lactation Team.
ADVERTISEMENT

Mashed Potato untuk Bayi Usia 6-9 Bulan

Pada usia 6-9 bulan, makanan bayi disarankan bertekstur puree. Untuk mengenalkan MPASI pertama kali padanya, Anda bisa memberikan mashed potato kepadanya.
Ya, ada beberapa bahan yang diperlukan, seperti: 1/2 cangkir ayam rebus dan potong dadu, 2 buah kentang, 2 buah wortel, 1/4 cangkir keju cheddar, parut dan air matang secukupnya.
Contoh Menu MPASI 4 Bintang untuk Bayi Usia 6 - 9 Bulan (116770)
Resep MPASI: Bubur Kentang dengan Wortel dan Ayam Foto: Shutterstock
Cara membuatnya:
1. Cuci dan kupas kentang serta wortel, kemudian potong dadu.
2. Setelah itu kukus atau rebus kentang dan wortel hingga teksturnya menjadi lunak. Selain mengukus, Anda juga bisa memanggang keduanya untuk rasa dan aroma yang lebih menggugah selera.
3. Setelah wortel dan kentang lunak, haluskan. Lalu tambahkan keju, aduk rata dan haluskan lagi.
ADVERTISEMENT
4. Bila sudah, masukan potongan ayam, kemudian haluskan sampai teksturnya sesuai dengan kemampuan bayi mengunyah.
Sebagai tips tambahan, gunakan bagian dada ayam karena lebih tinggi protein dan rendah lemak. Anda juga mengganti air matang dengan air kaldu, Moms.