Mom
·
11 Juni 2021 17:05
·
waktu baca 2 menit

Doa agar Anak Balita Lancar Berbicara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Doa agar Anak Balita Lancar Berbicara (327314)
Doa agar Anak Balita Lancar Berbicara. Foto: Shutter Stock
Apakah Anda punya anak usia balita, Moms? Di usia itu, anak balita sudah mulai lancar berbicara. Meski begitu, kemampuan bicara anak usia balita tentunya berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Ya, sebagian dari mereka mungkin ada yang sudah lancar berbicara dan memahami banyak arti kata sebelum usianya mencapai 2 atau 3 tahun misalnya. Namun, sebagian lainnya mungkin baru bisa mengucapkan sedikit kata di usia tersebut.
Melihat kondisi ini, beberapa orang tua mungkin merasa cemas saat melihat anak balitanya belum lancar berbicara. Mereka khawatir bila si kecil mengalami keterlambatan berbicara.
Doa agar Anak Balita Lancar Berbicara (327315)
Ilustrasi balita bicara. Foto: Shutter Stock
Padahal nyatanya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan anak balita terlambat bicara. Misalnya karena kurangnya kesempatan untuk berbicara, terlalu banyak mendengar banyak bahasa, adanya gangguan pendengaran, hingga masalah oromotor --motorik mulut yang menyebabkan anak mengalami masalah dalam pengolahan suara.
Untuk itu, sebagai orang tua Anda diharapkan dapat memberikan stimulasi, yakni dengan rajin mengajak anak bicara atau berkomunikasi. Jadi, sering-seringlah mengajak anak berkomunikasi sedini mungkin agar ia bisa cepat lancar berbicara, Moms.
ADVERTISEMENT
"Anak butuh objek sempurna untuk dituru. Ucapkan kata-kata yang jelas. Jangan justru 'ayo, tayang-tayang.' Ucapkan jelas 'ayo, sayang-sayang.' Ini banyak kasusnya," tutur Dr. Mauidlotun Nisa, Lc., S.Pd.I., M.Hum atau akrab disapa Ustazah Nisa kepada kumparanMOM.

Doa agar Anak Balita Lancar Berbicara, Seperti Apa?

Doa agar Anak Balita Lancar Berbicara (327316)
Doa agar Anak Balita Lancar Berbicara Foto: Shutter Stock
Selain itu, jangan lupa pula untuk terus mendoakan si kecil agar ia cepat bicara, Moms. Meski dalam Islam tidak ada doa khusus agar anak lancar berbicara atau cepat berbicara, namun menurut ustazah yang juga menjabat sebagai Direktur Rumah Quran dan Bahasa Al-Mujtaba itu ada doa yang cukup relevan terkait hal tersebut, yakni Doa Nabi Musa.
رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي* وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي* وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي * يَفْقَهُوا قَوْلِي.
ADVERTISEMENT
Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’
Artinya: "Wahai Tuhanku, luaskanlah untukku dadaku, permudahlah bagiku urusanku, lepaskanlah kekeluan pada lidahku dengan tutur kata yang lancar, agar mereka memahami perkataanku." (QS. Thaha: 25-28)
Jadi, selain memberikan stimulasi, tak ada salahnya juga untuk berdoa kepada Allah SWT agar anak balita lancar berbicara. Beberapa stimulasi yang bisa dilakukan, seperti bicara dengan anak sesering mungkin, pandang wajah anak saat bicara, dan berikan respons positif saat anak mengajak berkomunikasi.
"Dengan begitu, semoga saja dengan izin Allah anak secara perlahan bisa segera lancar berbicara," tutup Ustazah Nisa.