kumparan
14 Mei 2019 3:07

Doa untuk Bayi Sesudah Diadzani, Calon Ayah Perlu Tahu Nih!

Ayah dan bayi
Ayah dan bayi Foto: Shutterstock
Mengadzani bayi yang baru lahir, lazim dilakukan oleh umat muslim. Hal ini bukan tanpa sebab, Moms. Ada beberapa hadist yang menganjurkan hal ini. Salah satunya:
ADVERTISEMENT
رَوَى أَبُو رَافِعٍ : رَأَيْتُ النَّبِيَّ أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ
“Abu Rafi meriwayatkan: Aku melihat Rasulullah SAW mengadzani telinga Al-Hasan ketika dilahirkan oleh Fatimah,” (HR. Tirmidzi)
Menurut Ustadz Quraish Shihab dalam video yang diunggah di akun YouTube “Semua Murid Semua Guru” mengadzani bayi yang baru lahir juga dipraktikkan oleh banyak sahabat Nabi.
“Itu sumbernya dari Nabi, dari praktik sekian banyak sahabat Nabi. Hanya mereka berbeda. Ada yang mengadzankan waktu baru lahir. Ada yang mengadzankan pada hari ke tujuh, sama dengan aqiqah,” papar Quraish Shihab.
bayi baru lahir
ilustrasi ayah dan bayi baru lahir Foto: shutterstock
Meski terdapat perbedaan, mengadzani bayi dianggap hal yang baik. Sebab adzan adalah panggilan untuk shalat, seruan untuk beribadah kepada Allah SWT. Dengan mengumandangkan adzan di telinga kanan dan menyerukan iqamah di telinga kiri bayi baru lahir, artinya orang tua berharap yang paling pertama didengar bayi adalah panggilan untuk menyembah Allah.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan Anda dan suami, Moms? Sudah memutuskan hendak mengadzani saat bayi tercinta kelak lahir ke dunia? Bila ya, ada baiknya bila adzan yang dibisikkan ke telinga bayi juga dilengkapi dengan bacaan doa berikut ini setelahnya.
ilustrasi ayah
Ilustrasi ayah mengadzani bayi baru lahir. Foto: shutterstock
اُعِيْذُ هُ (هَا) بِالْوَاحِدِالصَّمَدِ مِنْ شَرِّكُلِّ ذِيْ حَسَدٍ
“Ya Allah Yang Maha Esa, tempat semua orang meminta, aku mohon perlindungan-Mu untuk anakku dari segala kejahatan orang yang hasad (dengki)”.
Keterangan: Baca هُ jika yang didoakan adalah bayi laki-laki, baca هَا = jika yang didoakan bayi perempuan.
– اَللََّهُمَّ اِنـِّي اُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ الـتَّآمَّةٍ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لآ مَّةٍ
“Ya Allah dengan segala kesempurnaan kalimat-Mu, aku mohon perlindungan untuk anakku dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala gangguan setan, dari gangguan semua binatang, dan dari gangguan pandangan mata yang dapat membawa akibat buruk kepada apa yang dilihatnya”.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, yuk, segera teruskan artikel ini pada suami tercinta agar ia semakin siap menyambut kehadiran bayi kecilnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan