Dongeng Pendek Anak: Kisah Belalang dan Semut

15 Februari 2024 19:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Dongeng Anak: Kisah Belalang dan Semut. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Dongeng Anak: Kisah Belalang dan Semut. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Moms, apakah membacakan dongeng jadi salah satu rutinitas Anda dan si kecil sebelum tidur? Ya, dongeng sebelum tidur memiliki banyak manfaat tak hanya bagi anak, tapi juga bagi hubungan orang tua dan anak.
ADVERTISEMENT
Banyak riset yang menyebut, membacakan dongeng sebelum tidur bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Kebiasaan membacakan dongeng juga akan jadi memori yang indah bagi anak yang akan dikenang seumur hidup.
Nah Moms, karena seringnya membacakan dongeng, mungkin Anda sudah kehabisan ide untuk mendongeng dengan si kecil. Tak perlu bingung karena kumparanMOM punya ide dongeng menarik berikut ini. Dongeng ini juga sarat makna yang bisa Anda tanamkan pada si kecil.

Dongeng Anak: Kisah Belalang dan Semut

Ilustrasi ibu membacakan dongeng untuk anak. Foto: Shutter Stock
Pada suatu hari saat musim panas, seekor belalang sedang bersantai di lapangan. Ia melihat seekor semut lewat dengan susah payah membawa sebatang jagung. Jagung itu ia bawa ke sarangnya yang berjarak cukup jauh.
ADVERTISEMENT
Belalang mengundang semut untuk duduk santai mengobrol dengannya. Tetapi semut menolak karena tugasnya belum selesai.
"Aku menyimpan makanan untuk musim dingin. Kenapa kamu tidak melakukan hal yang sama?" tanya semut kepada belalang.
Belalang pun menjawab, "Hah?! Kenapa repot-repot menyiapkan makanan untuk musim dingin? Kan musim dingin masih lama," kata belalang.
Belalang merasa yakin jika dirinya punya cukup makanan saat ini. Tapi semut terus berjalan dan bekerja keras mengumpulkan makanan.
Akhirnya ketika musim dingin tiba, belalang sekarat karena kelaparan. Sementara itu, ia melihat semut membagikan jagung dan biji-bijian dari gudang mereka.
Kemudian belalang mengerti bahwa seharusnya ia melakukan hal yang sama dengan semut, yakni menyiapkan bahan makanan sejak musim panas.
ADVERTISEMENT
Ia lantas berusaha melompat ke sarang semut. Tapi karena burung hantu sudah langsung bisa melihat belalang dengan matanya, maka belalang langsung diterkam serta dimakan oleh burung hantu yang juga sedang kelaparan mencari makan.

Pesan Moral Dongeng

Moms, Anda bisa jelaskan pada anak bahwa penting untuk tidak bermalas-malasan. Bagaimana pun kerja keras akan selalu membuahkan hasil, meski terkadang butuh waktu yang tidak sebentar.
Jelaskan juga bahwa waktu yang sudah berputar tidak mungkin terulang. Seperti kisah belalang, ketika baru menyadari arti kerja keras belakangan, ia sudah terlambat dan akhirnya musnah.