kumparan
search-gray
Mom2 Agustus 2020 11:00

Dukung Ibu Menyusui, Ini 7 Hadiah yang Bisa Ayah atau Sahabat Berikan

Konten Redaksi kumparan
Dukung Ibu Menyusui, Ini 7 Hadiah yang Bisa Ayah atau Sahabat Berikan (1209238)
Ilustrasi ibu menyusui bayi didampingi ayah. Foto: Shutterstock
Menyusui merupakan bentuk perjuangan seorang ibu untuk memberikan nutrisi terbaik bagi bayinya. Sehingga, tak ada salahnya memberikan apresiasi untuk ibu menyusui. Salah satunya dengan membelikan perlengkapan menyusui.
ADVERTISEMENT
Dengan memberikan perlengkapan menyusui, diharapkan ibu akan semangat dan bahagia dalam memberikan ASI untuk si kecil. Nah Moms, bertepatan dengan Pekan Menyusui Sedunia, tak ada salahnya memberikan beberapa perlengkapan menyusui untuk kerabat Anda. Bila Anda sedang menyusui, tak ada salahnya pula mendiskusikan beberapa perlengkapan menyusui yang Anda butuhkan kepada suami.
Berikut ini adalah beberapa perlengkapan menyusui yang bisa Anda berikan untuk kerabat Anda, Moms.
Dukung Ibu Menyusui, Ini 7 Hadiah yang Bisa Ayah atau Sahabat Berikan (1209239)
Ilustrasi Ayah Memberikan Kado untuk Ibu Menyusui Foto: Shutter Stock

1. Pompa ASI

Pompa ASI jadi salah satu perlengkapan yang sangat dibutuhkan ibu menyusui. Terlebih, bila ibu menyusui sudah mulai bekerja kembali di luar rumah. Ya, alat ini memudahkan Anda dalam proses memerah ASI. Jika ibu tidak bisa langsung menyusui bayinya, ASI bisa dipompa untuk diberikan pada si kecil.
ADVERTISEMENT
Ada dua jenis pompa ASI yang bisa diberikan, yaitu pompa ASI manual dan elektrik. Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan atau sesuai bujet.

2. Kantong atau Botol ASI

Setelah diperah, ASI akan disimpan pada botol atau kantong ASI. Tentu, perlengkapan ini juga sangat dibutuhkan.
Bila Anda memilih kantong, pilihlah plastik khusus untuk menyimpan ASI perah dengan bahan bebas bisphenol-A (BPA). Meski biasanya lebih mahal daripada harga plastik pada umumnya, plastik bebas BPA ini aman digunakan untuk bayi. Nah bila ingin lebih murah dan hemat, Anda bisa membelikannya botol kaca yang bisa dipakai berulang kali dan tentunya lebih ramah lingkungan juga, Moms.
Dukung Ibu Menyusui, Ini 7 Hadiah yang Bisa Ayah atau Sahabat Berikan (1209240)
Bra menyusui. Foto: Shutterstock

3. Bra Menyusui

Bra menyusui ini tidak sama seperti bra pada umumnya. Bra ini didesain khusus agar ibu tidak perlu repot membuka bra saat ingin menyusui bayi. Pada bagian depan bra ada kaitan atau kancing yang mudah dibuka, sehingga jika bayi tiba-tiba ingin menyusu, Anda tinggal membuka kancingnya saja. Namun untuk memilih bra, hindari membeli bra dengan penyangga kawat sebab dikhawatirkan bisa menghambat produksi ASI. Nah, sebelum membelikan kado bra menyusui, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu ukuran yang digunakan sahabat Anda.
ADVERTISEMENT

4. Apron Menyusui

Apron menyusui juga bisa dijadikan salah satu kado untuk ibu menyusui. Ya, apron ini berfungsi untuk menutupi area dada, bila sewaktu-waktu Anda perlu menyusui di tempat umum. Apron menyusui bisa menutupi area payudara, sehingga ibu bisa menyusui dengan lebih nyaman.
Dukung Ibu Menyusui, Ini 7 Hadiah yang Bisa Ayah atau Sahabat Berikan (1209241)
Ilustrasi breast pad. Foto: Shutterstock

5. Breast pad

Perlengkapan menyusui lain yang mungkin dibutuhkan juga adalah breast pad. Sebab, breast pad berfungsi untuk menyerap ASI yang menetes deras. Sekarang ini, tersedia breast pad dengan motif dan corak yang menggemaskan, serta ada juga yang bisa dipakai berulang kali. Pilihlah breast pad yang nyaman untuk digunakan.

6. Cooler Bag

Cooler Bag ini sangat bermanfaat untuk ibu menyusui, terutama bagi yang bekerja di luar rumah. Dengan adanya cooler bag dan ice gel di dalamnya, ibu bisa membawa ASI perah dengan aman sampai di rumah. ASI perah yang disimpan dalam cooler bag umumnya bisa tahan hingga 24 jam. Saat ini tersedia beragam cooler bag dengan motif serta warna-warna yang menarik. Anda bisa memberikan cooler bag sesuai warna kesukaannya, Moms.
Dukung Ibu Menyusui, Ini 7 Hadiah yang Bisa Ayah atau Sahabat Berikan (1209242)
Cooler Bag Foto: Dok. My Baby

7. Baju Menyusui

Sekarang ini, banyak online shop dan e-commerce yang menjual baju untuk ibu menyusui. Bukan hanya berwujud daster atau baju kancing depan saja lho, sekarang sudah banyak model baju menyusui yang keren dan bisa digunakan keluar rumah.
ADVERTISEMENT
Misalnya model empire yakni pakaian dengan aksen tumpuk atau layer pada dada. Nah di balik aksen tersebut, terdapat akses menyusu yang dilengkapi dengan zipper atau kancing. Jadi ibu menyusui tidak perlu repot lagi.
****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white