kumparan
search-gray
Mom29 Juli 2020 21:37

Fakta Seputar Berhubungan Seks di Trimester Pertama Kehamilan

Konten Redaksi kumparan
Fakta Seputar Berhubungan Seks di Trimester Pertama Kehamilan (217976)
Ilustrasi berhubungan seks. Foto: Shutterstock
Beberapa wanita mungkin khawatir bila ingin berhubungan seks di trimester pertama kehamilan. Ketakutan yang paling umum terjadi adalah karena takut berhubungan seks bisa memicu keguguran. Selain itu, perubahan hormon kehamilan juga bisa membuat gairah seksual Anda menurun.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, di awal masa kehamilan, Anda biasanya akan merasakan mual di pagi hari dan lebih mudah lelah. Hal itu bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan Anda tak bersemangat untuk bercinta dengan pasangan.
Padahal faktanya, bila kehamilan Anda sehat dan kondisi janin juga baik-baik saja, sebenarnya berhubungan seks di trimester pertama aman dilakukan.
Fakta Seputar Berhubungan Seks di Trimester Pertama Kehamilan (217977)
Ilustrasi seks di trimester pertama kehamilan Foto: Shutterstock
"Aktivitas hubungan seksual pada kehamilan adalah suatu hal yang aman selama tidak ada risiko, sehingga perlu memperhatikan dengan baik kondisi kehamilannya masing-masing," ujar dr. Yassin Yanuar, M Ilham Bintang, SpOG pada highlight akun Instagramnya @/yassinbintang.
Hubungan seks tidak akan melukai janin karena serviks ditutup dengan sumbatan lendir yang tebal dan kantung cairan ketuban. Kondisi tersebut mampu melindungi janin ketika suami melakukan penetrasi. Oleh sebab itu, Anda dan suami perlu berkomunikasi secara terbuka, sehingga tidak ada pihak yang merasa cemas.
ADVERTISEMENT
"Bayi tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu, terlindungi oleh air ketuban, selaput ketuban dan dinding otot rahim yang kuat, yang terletak aman di dalam rongga panggul. Penis tidak akan bisa mencapai janin yang jauh di dalam karena penetrasi hanya mencapai liang vagina dan sang bayi tidak akan tahu dan ingat ada apa gerangan yang terjadi di luar sana," katanya.

Hubungan Seks Bisa Lebih Menyenangkan

Mengutip Parent24, sejak trimester pertama kehamilan, tubuh Anda akan mulai merasakan berbagai perubahan. Salah satunya di bagian payudara yang lebih sensitif. Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri karena suami tidak perlu waktu lama untuk melakukan foreplay dan akan bercinta masih bisa terasa menyenangkan, Moms.
Namun perlu diingat, beberapa wanita mungkin tidak nyaman karena payudara akan lebih sakit dari biasanya. Jadi bicaralah pada suami, misalnya sentuhan seperti apa yang Anda harapkan atau lebih berhati-hati ketika menyentuh payudara Anda.
Fakta Seputar Berhubungan Seks di Trimester Pertama Kehamilan (217978)
Ilustrasi posisi seks misionaris. Foto: Shutterstock

Rasa Sakit Bisa Dialami Saat Berhubungan Seks

Rasa sakit yang timbul akibat berhubungan seks, sebenarnya lumrah terjadi. Dilansir The Bump, penyebab rasa sakit setelah berhubungan seks di trimester pertama biasanya terjadi karena kram rahim, pertumbuhan janin di dalam rahim, adanya kista, dan kandung kemih terlalu penuh ketika berhubungan seksual.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, pada trimester pertama kehamilan, Anda tak perlu khawatir tentang posisi apa yang pas dilakukan saat ini, sebab perut Anda belum membuncit. Hanya saja, hindari posisi yang bisa menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan dan terjatuh ya, Moms. Posisi misionaris akan lebih baik dilakukan jika Anda tidak ingin mengambil risiko.