kumparan
search-gray
Mom12 Maret 2018 9:45

Fakta Tumbuh Kembang Otak Janin

Konten Redaksi kumparan
Fakta Tumbuh Kembang Otak Janin (13000)
Ilustrasi janin dalam kandungan. (Foto: Thinkstock)
Otak adalah organ yang sangat vital. Bukan hanya karena menjadi pusat ingatan dan proses berpikir, otak jugalah yang mengatur detak jantung, ritme napas, fungsi-fungsi organ dan semua aktivitas vital sejak anak dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Selama di dalam kandungan, otak janin berkembang sangat cepat. Paling tidak, setiap menit terbentuk sekitar 100 ribu sel saraf otak (neuron) baru pada janin. Dan pada saat lahir, bayi normalnya akan memiliki sekitar 100 miliar neuron.
Namun selain neuron, sejak janin di dalam kandungan, lahir, hingga mencapai usia 2 tahun akan terjadi ‘ledakan’ aktivitas lain dalam otak si kecil berupa terbentuknya sinaps-sinaps. Sinaps adalah hubungan antar neuron.
Penelitian membuktikan bahwa kecerdasan seseorang tidak hanya ditentukan oleh volume otak yang dibentuk oleh jumlah neuron tapi juga oleh jumlah sinaps. Semakin banyak sinaps yang terbentuk, maka semakin banyak dan baik neuron terintergrasi.
Fakta Tumbuh Kembang Otak Janin (13001)
Apel hijau untuk ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk mendukung semua ini? Perhatikan asupan nutrisi Anda, Moms! Jaringan otak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangannya.
ADVERTISEMENT
Jadi, pastikan selalu Anda mengonsumsi makanan dengan gizi sehat seimbang karena apa yang Anda konsumsi akan sangat menentukan kecerdasan si kecil nanti.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white