Mom
·
11 Januari 2021 19:00

Flek Setelah Berhubungan Seks saat Hamil, Kapan Harus Waspada?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Flek Setelah Berhubungan Seks saat Hamil, Kapan Harus Waspada? (126267)
Flek Setelah Berhubungan Seks saat Hamil Foto: Shutterstock
Bila kondisi kehamilan Anda sehat, tak perlu cemas untuk berhubungan seks. Ya Moms, berhubungan seks saat hamil bahkan dapat membawa manfaat bagi kesehatan maupun kebahagiaan ibu.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, ada beberapa ibu hamil yang mengeluh karena pernah mengeluarkan darah usai bercinta. Kondisi itu tak jarang membuat ibu hamil khawatir, apakah normal atau menandakan adanya bahaya, ya?
Dilansir What to Expect, jika vagina Anda mengeluarkan bercak darah atau flek usai bercinta, maka tak perlu cemas berlebihan, sebab hal itu normal terjadi, apalagi di trimester pertama. Penyebabnya adalah karena proses implantasi, Moms.

Flek Setelah Hubungan Seks yang Harus Diwaspadai Ibu Hamil

Flek Setelah Berhubungan Seks saat Hamil, Kapan Harus Waspada? (126268)
Flek Setelah Hubungan Seks yang Harus Diwaspadai Ibu Hamil Foto: Shutterstock
Namun, jika darah yang keluar cukup banyak dan berhenti dalam durasi kurang dari satu hari, maka kondisi tersebut bisa jadi menandakan Anda mengalami kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik artinya sel telur yang dibuahi menempel di tempat lain selain rahim. Sehingga Anda harus waspada, Moms.
ADVERTISEMENT
Anda juga harus curiga bila darah yang keluar warnanya cukup terang. Sebab, hal itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami plasenta previa, atau suatu kondisi di mana plasenta terletak di bagian bawah.
Oleh sebab itu, keluarnya darah yang cukup banyak setelah bercinta memang tidak boleh disepelekan. Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Upik Anggraheni, SpOG, hal tersebut juga bisa menjadi tanda gejala awal keguguran. Jadi, sebaiknya jangan melakukan hubungan intim terlebih dahulu bila Anda pernah mengalami pendarahan dan belum diketahui penyebabnya.
Flek Setelah Berhubungan Seks saat Hamil, Kapan Harus Waspada? (126269)
Ilustrasi ibu hamil ke dokter Foto: Shutterstock
"Berhubungan saat lagi berdarah tidak dibolehkan kan baik secara medis baik agama. Kalau sedang pendarahan harus dipastikan dahulu itu kehamilannya dalam kondisi aman atau enggak. Boleh kembali berhubungan kalau sudah tidak pendarahan atau tidak kontraksi, dan kondisi bayinya dalam keadaan aman," ujar dr. Upik Anggraheni, SpOG, saat dihubungi kumparanMOM, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, bila vagina Anda mengeluarkan darah usai bercinta, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, terlebih bila darah yang keluar cukup banyak. Jangan menunda, demi keselamatan Anda dan bayi di dalam kandungan.