Mom
·
22 September 2020 10:09

Gejala Hamil Muda, Lengkap dari Minggu ke Minggu!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gejala Hamil Muda, Lengkap dari Minggu ke Minggu!  (16136)
Ilustrasi hamil muda. Foto: Shutterstock
Saat baru mengetahui diri tengah hamil, mungkin ada macam-macam rasa dalam diri calon ibu. Senang, bingung sekaligus cemas misalnya. Bisa juga, ada rasa penasaran, ingin tahu sebanyak mungkin tentang kehamilan yang tengah dijalani termasuk berbagai gejalanya.
ADVERTISEMENT
Saat hamil muda, seorang ibu memang akan mengalami berbagai gejala. Dari minggu ke minggu, gejala yang dialami pun bisa berbeda-beda. Tapi tak perlu cemas bila mengalaminya, pastikan saja Anda sudah tahu dan paham agar dapat mempersiapkan diri.
Nah Moms, untuk membantu Anda, berikut kami rangkum berbagai gejala maupun perubahan yang umumnya akan dirasakan ibu hamil pada minggu ke-2 sampai minggu ke-13 kehamilan.
Gejala Hamil Muda, Lengkap dari Minggu ke Minggu!  (16137)
Ilustrasi ibu hamil Foto: Shutterstock

Gejala yang Umumnya Dialami Ibu Hamil di Minggu ke-2 sampai 13

Minggu ke-2

Pada minggu kedua kehamilan, umumnya ibu belum merasakan tanda-tanda kehamilan. Sebab, saat ini masih terjadi proses ovulasi.
Ibu akan melihat lendir atau keputihan yang berwarna jernih, sedikit licin, seperti putih telur yang mentah. Ada juga beberapa ibu yang akan mengalami kram ringan atau sakit punggung di satu sisi saja, Selain itu, Anda juga akan merasakan tubuh Anda akan menjadi lebih sensitif, seperti aroma tiba-tiba menjadi intens, payudara mulai terasa penuh, dan serviks pun terasa lebih lunak, basah, dan terbuka.
ADVERTISEMENT

Minggu ke-3

Di minggu ke-3, gejala hamil mungkin juga belum disadari. Namun umumnya, ibu hamil akan merasa kembung dan kram karena progesteron melemaskan otot-otot di seluruh tubuh termasuk saluran pencernaan.
Tak hanya itu, beberapa wanita akan mengalami sedikit bercak darah. Ini menandakan adanya implantasi karena sel telur yang dibuahi baru tertanam di dalam rahim.

Minggu ke-4

Pada minggu ke-4 kehamilan, payudara ibu akan jadi lebih lembut lagi dan ini adalah salah satu tanda awal kehamilan. Selain itu, ibu umumnya akan merasa kelelahan, mengalami morning sickness, kram, dan suhu tubuh Anda menjadi tinggi.

Minggu-5

Peningkatan kadar hormon akan meningkatkan aliran darah pada minggu ke-5 kehamilan. Inilah yang menyebabkan payudara ibu hamil membesar, terasa sakit atau nyeri, dan jadi lebih peka terhadap sentuhan. Kelelahan, mual muntah dan kram juga lazim terjadi pada minggu ini.
Gejala Hamil Muda, Lengkap dari Minggu ke Minggu!  (16138)
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock

Minggu-6

Mual dan muntah umumnya akan dialami ibu hamil sepanjang hari pada minggu ke-6. Ibu hamil juga akan mulai lebih sering kencing disebabkan oleh perubahan hormon yang membuat aliran darah ke ginjal lebih cepat sehingga mengisi kandung kemih lebih sering.
ADVERTISEMENT
Ibu hamil juga cenderung mengalami perubahan suasana hati mulai minggu ke-6. Beberapa ibu hamil pun mengeluhkan rasa lelah dan mudah stres pada minggu ini akibat perubahan hormon progesteron yang semakin meningkat.

Minggu-7

Pada minggu ke-7, beberapa ibu hamil bisa jadi sangat peka terhadap bau atau aroma di sekitarnya. Ini wajar karena disebabkan oleh kadar hormon estrogen yang meningkat, Moms. Ibu hamil pun mungkin akan mengalami ngidam atau ingin makan makanan tertentu pada minggu ini. Tapi tak jarang juga merasa eneg atau mual dengan suatu makanan.

Minggu ke-8

Pada minggu ke-8, payudara ibu hamil akan mulai membesar untuk persiapan menyusui. Jadi jangan kaget bila ukuran bra Anda menjadi naik 1 sampai 2 nomor, Moms. Selain itu, pada masa ini, Anda akan merasakan perut kembung mirip seperti sedang menstruasi.
Gejala Hamil Muda, Lengkap dari Minggu ke Minggu!  (16139)
ibu hamil ngidam Foto: Shutterstock

Minggu ke-9

Ingin makan sesuatu atau mengidam adalah hal yang wajar pada minggu ini. Perubahan hormon yang ekstrem selama kehamilan akan memiliki dampak besar terhadap indera penciuman. Bisa saja, Anda ingin memakan sesuatu, tapi setelah makanan yang diinginakn datang, langsung tidak berselera karena bagi Anda baunya tidak enak.
ADVERTISEMENT

Minggu ke-10

Pada minggu ke-10, Anda akan merasakan penebalan di bagian tengah tubuh sehingga menyebabkan berat badan Anda naik. Selain itu, Anda mungkin akan mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya terutama jika Anda mual.
Mengunyah permen karet bisa membantu Anda untuk menelan lebih mudah, Moms. Lalu pada masa ini, Anda mungkin akan mengalami lebih banyak keputihan seperti awal-awal kehamilan. Keputihan yang normal umumnya tidak berbau dan berwarna seputih susu.
Gejala Hamil Muda, Lengkap dari Minggu ke Minggu!  (16140)
ibu hamil meniup permen karet Foto: Shutterstock

Minggu ke-11

Sembelit adalah masalah atau gejala hamil yang umum terjadi di minggu ke-11. Ini karena perubahan hormon, yang bisa memperlambat pencernaan. Untuk itu, minumlah air dan tetap aktif bergerak ya, Moms. Selain itu, Anda juga akan mengalami mulas, sensasi terbakar dari bagian bawah tulang dada ke tenggorokan bagian bawah.
ADVERTISEMENT

Minggu ke-12

Pada saat ini, rahim Anda telah berkembang, Moms. Selain itu, jangan kaget jika Anda dan pasangan mungkin akan merasa stres pada minggu ini. Sebab saat ini adalah waktu di mana janin tumbuh, Moms. Cobalah untuk tetap tenang.

Minggu-13

Ini adalah saat di mana trimester pertama kehamilan berakhir,. Pada minggu ke-13 kehamilan Anda, mungkin payudara sudah mulai membuat kolostrum yakni cairan ASI pertama yang memiliki banyak manfaat bagi bayi Anda.
Selain itu, ibu hamil mungkin akan merasakan kram. Bila kram terasa sangat hebat atau semakin memburuk dari hari ke hari, cobalah temui bidan atau dokter kandungan Anda. Semoga kehamilan Anda berjalan lancar dan selalu sehat-sehat saja.
ADVERTISEMENT