Hamil Alami Setelah Bayi Tabung Seperti Anisa Rahma, Kenapa Bisa Terjadi?

12 Juni 2024 13:19 WIB
ยท
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Anisa Rahma umumkan hamil anak ketiga.  Foto: Dok. Instagram@anisarahma_12
zoom-in-whitePerbesar
Anisa Rahma umumkan hamil anak ketiga. Foto: Dok. Instagram@anisarahma_12
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kabar bahagia datang dari pasangan Anisa Rahma dan Anandito Dwis. Mereka kini tengah berbahagia karena Anisa sedang berbadan dua dan menanti kelahiran anak ketiganya. Yang membuat mereka cukup kaget, kehamilan Anisa terjadi secara alami. Sebab, kehamilan sebelumnya ia sempat tiga kali gagal program bayi tabung sebelum akhirnya berhasil hamil anak kembar.
ADVERTISEMENT
Kehamilan eks personel Cherrybelle itu diungkapkan Anisa lewat akun Instagramnya @anisarahma_12. Dalam unggahan tersebut, ia memperlihatkan hasil test pack bergaris dua yang menandakan positif hamil. Sedangkan sang suami mencium keningnya. Tidak ketinggalan, mereka juga berpose bersama putri kembarnya, Alma dan Alsha.
Ia mengaku sampai saat ini masih terasa seperti mimpi. Dan Anisa meyakini kehamilan kedua yang berjalan adalah kehendak dari Allah SWT.
"MasyaAllah masih berasa mimpi klo kali ini aku bisa positif hamil secara alami, karna kehamilan sebelumnya kan lewat program bayi tabung, dengan permasalahan aku yang tersumbatnya kedua saluran tuba falopi, jadi kalo secara medis sulit untuk bisa hamil alami.. Qodarullah memang kalo Allah berkehendak semua bisa terjadi ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ™๐Ÿป," kata Anisa dikutip dari akun Instagramnya.
ADVERTISEMENT
Pada unggahan foto lainnya, Anisa juga sekilas menceritakan perjalanan hamilnya yang tidak mudah. Ya Moms, dari awal menikah, ia sempat beberapa kali gagal menjalani bayi tabung. Dokter sempat menyarankan Anisa untuk mengangkat tuba falopinya yang mengalami penyumbatan.
Tuba falopi adalah saluran yang mempertemukan sperma dan sel telur. Jika terjadi penyumbatan, maka sulit tercapai kehamilan, Moms. Sementara menurut dokter yang menangani Anisa, program bayi tabung tidak membutuhkan tuba falopi.
Anisa Rahma umumkan hamil anak ketiga. Foto: Dok. Instagram@anisarahma_12
"Bersyukur banget kita memilih untuk gak diangkat.. Dan diberikan kesempatan sama Allah di pernikahan kami yg menuju 6th ini untuk bisa hamil secara alami, yang berarti apa saluran tuba falopinya masih bisa berfungsi, atau gimana caranya aku juga masih ga nyangka, masih teka teki buat aku, yang pasti ini kekuasaan Allah, yang udah beri jalan buat aku, tidak ada yg ga mungkin selama yakin dan berserah diri," tulis Anisa lagi.
ADVERTISEMENT
Ia juga membagikan beberapa ayat Al-quran yang selalu dibaca setiap hari, yang salah satunya sebagai ikhtiar dan memohon agar bisa diberi keturunan secara alami. Kedua ayat tersebut adalah An-Nahl:72 dan Al-Hasyr:21.
Anisa menyebut kedua ayat tersebut selalu diresapi artinya dan dibaca setiap hari sambil menjalankan aktivitas sehari-hari.
"Pertama memohon ampun atas segala dosa lalu baca ayatnya, kedua sebutkan bahwa ingin disembuhkan dari segala penyakit lalu baca lagi ayatnya, selanjutnya awali dengan doa2 kita meminta agar diberikan keturunan dengan cara alami dan kemudian baca suratnya lagi dan seterusnya.. Kadang bisa sampe nangis, saking meresapi pasrah dan memohon sm Allah dengan penuh harap..," kata dia.
Wah, selamat ya kepada Anisa dan suami! Semoga kehamilannya berjalan lancar sampai persalinan nanti.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, setelah mendengar pengalaman Anisa di atas, yuk pahami juga mengapa seseorang yang sempat susah hamil sampai menjalani program bayi tabung, pada akhirnya bisa hamil secara alami!

Penjelasan Dokter soal Hamil Alami Setelah Alami Masalah Kehamilan

Menurut Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr. Andrew Yurius Christian, SpOG, masalah infertilitas atau gangguan kesuburan sampai saat ini masih terbilang kompleks dan penyebabnya multifaktorial. Tidak hanya dari pihak perempuan, penyebabnya juga bisa datang dari laki-laki.
Lantas, apa kata dr Andrew melihat pengalaman yang dialami Anisa Rahma, yang sempat mengalami penyumbatan pada tuba falopi sampai akhirnya bisa hamil alami?
Ilustrasi ibu hamil berjalan. Foto: Shutterstock
"Tuba falopi merupakan jembatan cinta yaitu saluran penting tempat pertemuan sperma dan sel telur. Jika terjadi sumbatan, maka sulit tercapai kehamilan. Penyebab sumbatan bisa karena infeksi atau perlengketan. Saat ini, ada beberapa metode terapi yang dapat dicoba untuk membuka saluran tuba yang tersumbat," jelas dr. Andrew kepada kumparanMOM.
ADVERTISEMENT
"Jika permasalahan teratasi baik, selama ibu haid teratur dan rutin berhubungan, terutama sejak mendekati masa ovulasi, maka kemungkinan hamil dapat terjadi," lanjut dia.
Berbagai faktor bisa memengaruhi seseorang bisa hamil alami setelah sebelumnya mengalami masalah infertilitas sampai harus menjalani program bayi tabung.
"Tergantung pasien punya masalah apa, faktor laki-laki, faktor tuba, faktor endometriosis, atau faktor lain-laki. Even ada diagnosis unexplained infertility. Benar-benar semua normal tapi enggak bisa hamil," ujar dr. Andrew.
Sampai saat ini, dr. Andrew mengakui masalah infertilitas sendiri masih banyak 'rahasia'-nya, Moms. Namun, bila Anda sedang berupaya program hamil, maka lakukan beberapa tips ini dari dr. Andrew.
"Persiapan seperti pada umumnya, mempersiapkan pola hidup sehat, optimalisasi mikronutrisi, dan melakukan skrining persiapan kehamilan," tutup dia.
ADVERTISEMENT