Mom
·
14 November 2020 12:51

Hindari 3 Hal Ini saat Mendidik Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hindari 3 Hal Ini saat Mendidik Anak (655575)
ibu mendampingi anak belajar - PTR Foto: Shutterstock
Setiap orang tua tentu punya cara yang berbeda-beda dalam mendidik anak. Ada yang kerap memberi hukuman agar anak disiplin, ada pula yang suka memberikan fasilitas berlebih agar anak punya banyak cara untuk mengembangkan diri.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, pola asuh yang diterapkan orang tua, punya dampak penting bagi tumbuh kembang anak. Hal itu juga akan berdampak pada perilaku si kecil hingga ia dewasa kelak.
Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan pernah menerapkan pola asuh yang salah pada anak. Dilansir Smart Parenting, berikut 3 hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan dalam mendidik anak.

Jangan Lakukan 3 Hal Ini saat Mendidik Anak

  1. Membandingkan Anak dengan yang Lain
Hindari 3 Hal Ini saat Mendidik Anak (655576)
Ilustrasi ibu dan anak. Foto: shutterstock
Semua anak dilahirkan dengan keistimewaannya masing-masing. Dengan begitu, tidak ada yang punya karakter sama, bahkan anak kembar sekali pun.
Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan membanding-bandingkan anak Anda dengan anak lain. Tidak perlu juga membandingkan si adik dengan kesuksesan yang sudah diraih kakak. Jadi, jangan pernah berkomentar tentang kelebihan yang dimiliki anak lain dengan yang tidak dimiliki si kecil.
ADVERTISEMENT
  1. Tidak Mendengarkan Penjelasan Anak
Hindari 3 Hal Ini saat Mendidik Anak (655577)
ibu dan anak Foto: shutterstock
Apapun kesalahan yang dilakukan anak, beri dia kesempatan untuk menjelaskan masalanya, dan Anda perlu mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Misalnya, saat anak berkelahi dengan temannya, jangan langsung memarahi dan menyalahkan anak. Dengarkan dulu penjelasan si kecil, agar Anda bisa menentukan sikap.
  1. Berburuk Sangka Pada Anak
Hindari 3 Hal Ini saat Mendidik Anak (655578)
ibu dan anak Foto: Shutterstock
Jangan pernah berburuk sangka pada anak sebelum mendengarkan penjelasan darinya atau orang lain yang bersangkutan. Sebagai contoh, Anda dipanggil oleh guru atau kepala sekolah untuk datang ke sekolah. Sesampainya di sana, Anda mendapati si kecil dalam keadaan berantakan.
Anda mungkin berpikir negatif pada anak dan ingin langsung ingin memarahinya. Padahal belum tentu si kecil melakukan kesalahan dan dirinya yang membuat masalah.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, selalu ajak anak berdiskusi dalam menyelesaikan masalah yang ia hadapi. Beri tahu si kecil, bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Sebagai orang tua, Anda hanya perlu mengingatkan anak untuk belajar dari kesalahan tersebut dan jangan lakukan kesalahan yang sama di masa depan.