kumparan
5 November 2018 12:24

Hubungan Merangkak dan Sistem Imunitas Tubuh Bayi

Ilustrasi Bayi Merangkak
Bayi merangkak di karpet (Foto: Shutterstock)
Lucunya bayi merangkak! Ada yang merangkak menyamping seperti kepiting, ada yang erangkaknya cepat sekali tapi mundur hingga merangkak yang lebih mirip disebut merayap.
ADVERTISEMENT
Anda tidak perlu khawatir, karena semuanya normal saja kok. Bayi memang merangkak secara bertahap dan dengan berbagai gaya. Tentu saja, yang perlu orang tua lakukan adalah terus menstimulasi dan memfasilitasi bayi untuk merangkak, mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh bayi.
Tak perlu pakai cara khusus yang terlampau susah, kok, sebab dengan peralatan sederhana yang ada di rumah pun Anda bisa melakukannya. Kenalkan bayi pada semua aneka tekstur saat merangkak pula seperti pada lantai, karpet, pasir, hingga rumput.
Ilustrasi Bayi Merangkak
Ilustrasi Bayi Merangkak di Ruang Keluarga (Foto: Shutterstock)
Yang mungkin perlu perhatian Anda adalah soal kebersihan lingkungan tempat bayi merangkak. Meski terlihat bersih, bisa saja masih tertinggal bakteri, jamur, partikel virus dan kuman di sana. Artinya saat bayi merangkak, ia bisa saja membawa bakteri dan kuman tadi ke mana-mana sehingga sistem pernapasan, mulut, hingga saluran cernanya ikut terpapar.
ADVERTISEMENT
Tapi Anda juga tak perlu khawatir berlebihan, Moms. Semua ini ternyata ada baiknya untuk si kecil! Mengutip laman Forbes, saat bayi merangkak dan tepapar oleh bakteri dan mikroba, ini justru bisa meningkatkan sistem imunnya.
Ilustrasi bayi merangkak di luar rumah
Ilustrasi bayi merangkak di luar rumah (Foto: Shutterstock)
Senada dengan hal yang telah dideskribsikan pada laman the American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology, bila sejak saat usia dini telah terpapar berbagai substansi justru bisa mengurangi risiko bayi terkena alergi dan asma.
Berbagai jenis alergi, menurut ahli seperti alergi makanan naik hingga 50% dari tahun1997 sampai 2011. Itu karena kondisi rumah yang terlalu bersih. Nah, jadi Anda pun memerlukan bakteri demi kebaikan, Moms. Sebab, sistem imun bayi juga memerlukan bakteri untuk belajar memeranginya.
Anda memang perlu tetap rutin membersihkan alas untuk bayi merangkak secara rutin, tapi tidak perlu berlebihan menggunakan produk-produk antibakteri yang berisiko mematikan seluruh jenis bakteri.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan