Mom
·
19 November 2020 8:25

Ibu Hamil Bisa Makan Kepiting, Benarkah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ibu Hamil Bisa Makan Kepiting, Benarkah? (6694)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Thinkstock
Saat hamil, Anda perlu memerhatikan berbagai makanan yang dikonsumsi. Hal ini dilakukan demi kesehatan ibu hamil maupun janin, Moms.
ADVERTISEMENT
Namun, tak dapat dipungkiri jika ada banyak ibu hamil yang mengalami ngidam atau keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya saja makanan laut (seafood), seperti kepiting. Beberapa dari mereka mungkin ada yang menahan hasrat alias menghindari makan kepiting karena anggapan soal hal ini berbahaya bagi janin. Tapi, tak sedikit pula yang masih makan kepiting karena sangat menginginkannya saat hamil.
Nah sebenarnya, apakah ibu hamil bisa makan kepiting?

Penjelasan Dokter soal Ibu Hamil Makan Kepiting

Ibu Hamil Bisa Makan Kepiting, Benarkah? (6695)
Ilustrasi kepiting. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
dr. David Fajar Putra, M.S, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik mengatakan bahwa ibu hamil yang sehat atau tidak memiliki kondisi khusus, boleh-boleh saja mengonsumsi kepiting. Namun, ibu hamil dengan hipertensi atau preeklamsia, sebaiknya tidak mengonsumsi kepiting terlebih dulu.
ADVERTISEMENT
"Karena kepiting mengandung kadar natrium yang tinggi. Kadar tersebut belum termasuk kadar garam atau bumbu-bumbu lain yang dimasukkan dalam proses pengolahan kepiting," ujarnya kepada kumparanMOM.

Variasikan Menu Makanan

Ibu Hamil Bisa Makan Kepiting, Benarkah? (6696)
Ilustrasi bahan makanan sehat. Foto: Shutterstock
Dokter yang praktik di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan ini menambahkan, tidak ada batasan mutlak tentang berapa banyak ibu hamil boleh makan kepiting. Hanya saja, perlu diingat bahwa kandungan protein dalam ikan, ayam, atau daging lebih tinggi dibandingkan kandungan protein dalam kepiting. Adapun kepiting juga mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan ayam, ikan, dan daging sapi.
"Mengingat pentingnya asupan protein dan kalsium pada ibu hamil, maka sebaiknya konsumsilah bahan makanan dari sumber protein yang bervariasi," tuturnya.

Manfaat Ibu Hamil Makan Kepiting

Ibu Hamil Bisa Makan Kepiting, Benarkah? (6697)
Rebus Kepiting Foto: Pixabay
Ya Moms, kepiting bisa menjadi salah satu variasi asupan protein agar ibu hamil tidak bosan. Kendati masih ada beberapa orang yang beranggapan bahwa kandungan merkuri dalam salah satu hidangan laut tersebut dapat membahayakan janin, tapi hal tersebut tak sepenuhnya benar.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Medical News Today, Food and Drug Administration (FDA) atau BPOM Amerika Serikat menjelaskan kepiting yang dimasak dengan matang sah-sah saja dikonsumsi bagi Anda yang sedang hamil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kepiting kaya akan nutrisi. Selain itu, kepiting juga mengandung vitamin A, D, zat besi, asam lemak omega-3, rendah kalori, dan lemak jenuh yang baik untuk perkembangan otak dan mata bayi.
Manfaat lain bila ibu hamil makan kepiting adalah mencegah anemia yang mungkin Anda alami selama kehamilan, mencegah depresi selama kehamilan atau bahkan pascapersalinan, dan memperkuat tulang.
"Tapi perlu diingat, pada ibu hamil dengan kondisi khusus sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi kepiting. Lebih baik pilih jenis protein hewani lainnya," tutup dr. David.
ADVERTISEMENT