Ikan Salmon atau Ikan Tuna, Mana yang Lebih Sehat untuk Anak?

6 April 2018 14:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ikan salmon dan ikan tuna. (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ikan salmon dan ikan tuna. (Foto: Thinkstock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ikan merupakan jenis makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Salah satu jenis ikan yang terkenal mengandung nutrisi tinggi adalah ikan salmon dan ikan tuna. Kedua jenis ikan tersebut mengandung omega-3 yang tinggi. Tak hanya itu, ada banyak nutrisi lain yang tak kalah penting di dalam tuna dan salmon, salah satunya adalah protein.
ADVERTISEMENT
Mengutip Muscle and Fitness, Academy of Nutrition and Dietetics --sebuah organisasi profesional makanan dan gizi terbesar di Amerika Serikat yang mewakili lebih dari 100.000 praktisi dengan rekam hampir 100 tahun-- ikut mengeluarkan pendapat terkait dua jenis ikan ini.
Juru bicara mereka, Karen Ansel, R.D. mengatakan, salmon dan tuna merupakan jenis ikan dengan kandungan terbaik. Menurut Karen, meski proteinnya sama-sama tinggi, ada perbedaan kandungan kalori dalam kedua ikan tersebut.
“Salmon bisa memiliki kalori lebih banyak. Tapi untuk Anda yang aktif, ini bukan hal buruk. Untuk ekstra 16 kalori per porsi salmon, Anda juga mendapatkan lemak jantung sehat, kira-kira seperti kalsium dalam segelas susu, dan jumlahnya sama dengan vitamin D yang dibutuhkan setiap hari, yang hampir tidak bisa ditemukan pada makanan lain, termasuk tuna,” jelas Karen.
Ikan salmon dan ikan tuna. (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ikan salmon dan ikan tuna. (Foto: Thinkstock)
Selain kalori, berikut adalah perbandingan kandungan yang ada di dalam ikan tuna dan ikan salmon:
ADVERTISEMENT
Nutrisi
Tiga ons daging ikan tuna mengandung 110 kalori, 24 gram protein, dan 278 miligram lemak omega-3. Sedangkan salmon dengan berat yang sama mengandung 160 kalori, 22 gram protein dan 5 gram lemak.
Vitamin
Ikan salmon mengandung 45 persen vitamin B-12 dalam tubuhnya, sementara ikan tuna mengandung 30 persen vitamin B-12. Vitamin B-12 bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mata, Moms.
Kolestrol
Dalam 100 gram ikan salmon, terdapat 55 miligram kolesterol dibandingkan dengan tuna yang mengandung 44 miligram kolesterol dalam berat yang sama.
Meski jumlah kandungan nutrisinya tak sama, ikan salmon dan ikan tuna sama-sama baik dikonsumsi oleh anak, karena bisa mengoptimalkan perkembangan otaknya, Moms. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk menambahkan ikan salmon ataupun ikan tuna ke dalam menu makanan harian si kecil. Selain bisa mengoptimalkan perkembangan otak, berikut adalah manfaat lain ikan salmon dan ikan tuna bagi anak:
ADVERTISEMENT
Manfaat Ikan Salmon
Ikan salmon. (Foto: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ikan salmon. (Foto: Pixabay)
Salmon sering disebut dengan istilah raja dari segala ikan karena memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 pada ikan salmon melebihi kandungan pada ikan-ikan yang lain.
Kandungan omega-3 yang tinggi bisa mengoptimalkan perkembangan otak anak, Moms. Ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon matang untuk menunjang kecerdasan janin di dalam kandungan.
Omega-3 pada ikan salmon juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia.
Penyakit tersebut terjadi akibat adanya penyumbatan pada arteri oleh lemak, sehingga mengakibatkan aliran darah terganggu.
Manfaat Ikan Tuna
Ikan tuna (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ikan tuna (Foto: Thinkstock)
Sama halnya dengan ikan salmon, ikan tuna juga merupakan jenis ikan yang mengandung omega-3 tinggi untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak.
ADVERTISEMENT
Saat anak mulai tumbuh dan sudah diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI, maka ikan tuna bisa menjadi salah satu menu pilihan untuk mengoptimalkan perkembangan kecerdasan otaknya, Moms.
Ikan tuna juga mengandung DHA yang berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Menurut sebuah riset, anak-anak yang diberikan ikan tuna secara rutin memiliki sistem kekebalan tubuh setingkat lebih baih daripada anak yang tidak pernah mengonsumsi ikan tersebut.
Nah, kalau sudah tahu sama-sama sehat, Anda mau pilih yang mana, Moms? Saran kumparanMOM (kumparan.com), berikan keduanya pada anak agar anak mendapat variasi gizi maupun rasa yang baik untuk tumbuh kembangnya.
Selain mengandung banyak nutrisi, mengonsumsi ikan juga turut membantu kesejahteraan nelayan Indonesia, yang tepat hari ini, Jumat (6/4), merayakan Hari Nelayan Nasional. Setuju, kan?
ADVERTISEMENT