kumparan
search-gray
Mom28 Juli 2020 12:05

Intan Nuraini Gunakan Kemampuan Aktingnya saat Bacakan Dongeng untuk Anak

Konten Redaksi kumparan
Intan Nuraini Gunakan Kemampuan Aktingnya saat Bacakan Dongeng untuk Anak (1223298)
Intan Nurani dan keluarganya. Foto: Instagram/@intan-nuraini23
Ada banyak kegiatan yang dapat mendukung tumbuh kembang anak, salah satunya adalah membacakan dongeng. Ya Moms, mendongeng sendiri memiliki berbagai manfaat untuk si kecil. Mulai dari meningkatkan keterampilan bicara anak karena jadi mengenal banyak kosakata, mengembangkan minat baca anak, hingga menumbuhkan empati pada anak.
ADVERTISEMENT
Namun, agar bisa menyampaikan dongeng dengan baik dan anak tak jenuh mendengarkannya, maka diperlukan kreativitas orang tua. Hal itulah yang juga dilakukan salah satu selebriti Tanah Air Intan Nuraini pada anak bungsunya, Elrumi Rahmani Azwan atau Rumi.
Intan Nuraini Gunakan Kemampuan Aktingnya saat Bacakan Dongeng untuk Anak (1223299)
Intan Nurani Gunakan Kemampuan Aktingnya saat Bacakan Dongeng untuk Anak. Foto: Instagram/@intan-nuraini23

Cerita Intan Nuraini saat Gunakan Kemampuan Akting untuk Bacakan Dongeng

Intan bercerita bahwa anak ketiganya itu sedang aktif-aktifnya belajar banyak hal di sekelilingnya. Untuk itu, pada saat ia akan mendongeng, ibu berusia 35 tahun ini pun akan menggunakan kemampuan aktingnya semaksimal mungkin agar si kecil dapat menyimak atau tertarik mendengarkan ceritanya.
"Memang enggak usah berpikir muluk-muluk wah nanti dia (Rumi) akan diam sampai ceritanya habis. Tidak semudah itu. Itu saatnya bundanya harus kreatif, menciptakan suasana. Jujur, aku spesialisnya akting kan kerjaanku. Jadi, ini juga saatnya aku bisa akting, berandai-andai menjadi karakter di dalam dongeng tersebut," tutur Intan Nuraini dalam Webinar bertema 'Peluncuran Dongeng Aku dan Kau dari Nestle DANCOW Nutritods' yang dihelat baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
Istri dari Donny Azwan Putra ini mengungkapkan, pada mulanya Rumi memang cuek. Tapi, ia tetap berusaha untuk membacakan dongeng pada sang anak. Sebab menurutnya, meski ia mungkin saja sibuk dengan mainan di sekelilingnya, si kecil tentu akan mendengar apa yang disampaikannya itu dan lambat laun anaknya akan tertarik untuk menyimak.
Intan Nuraini Gunakan Kemampuan Aktingnya saat Bacakan Dongeng untuk Anak (1223300)
Ilustrasi ibu membacakan anak dongeng. Foto: Shutterstock

Saran Intan Nuraini untuk Orang Tua saat Membacakan Dongeng pada Anak

Intan Nuraini berpesan pada orang tua di luar sana agar tak mudah lelah maupun putus asa saat membacakan dongeng anak. Ia juga berharap agar Anda dapat membacakan dongeng pada anak dengan totalitas.
"Awal-awal cuek. Aku tetap menceritakan dengan gestur, dengan akting yang heboh banget, dengan totalitas, itu dia bisa nengok lagi," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, seperti kata Intan, dibutuhkan kesabaran untuk mendongengkan anak. Sebab, ketertarikan anak pada minat baca akan tumbuh seiring berjalannya waktu, jika Anda pun konsisten melakukannya.