Mom
·
20 Oktober 2020 18:59

Kafein Mengurangi Kesuburan, Mitos atau Fakta?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kafein Mengurangi Kesuburan, Mitos atau Fakta? (398747)
ilustrasi mengonsumsi makanan yang sehat Foto: Shutterstock
Kesuburan dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Itu artinya, bila ingin cepat hamil, baik istri maupun suami perlu menerapkan gaya hidup sehat, termasuk dengan menjaga pola makan dan mengkonsumsi berbagai minuman dan makanan yang sehat. Kalau makanan atau minumannya tidak sehat, tubuh pun jadi tidak sehat dan bisa jadi kurang subur!
ADVERTISEMENT
Lantas bagaimana dengan makanan atau minuman yang mengandung kafein? Apakah termasuk yang tidak sehat dan bisa mengurangi kesuburan?
Kafein Mengurangi Kesuburan, Mitos atau Fakta? (398748)
Ilustrasi wanita minum kopi Foto: Shutterstock

Kata Dokter soal Benar Tidaknya Konsumsi Kafein Dapat Mempengaruhi Kesuburan

Dilansir Todays Parent, Dokter Kandungan, Jeffrey Roberts sekaligus co-director Pacific Center for Reproductive Medicine di Burnaby, Kanada menjelaskan bahwa hingga kini belum bukti bahwa kafein dapat mempengaruhi kesuburan wanita dan pria. Meski begitu, kandungan kafein dalam kopi diketahui dapat menstimulasi sistem saraf dan menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat mempengaruhi kehamilan.
Itulah kenapa, ibu hamil perlu membatasi konsumsi kafein. Sebab konsumsi kafein dalam jumlah berlebih dapat membuat bayi lahir dengan berat badan rendah dan mengurangi aliran darah melalui plasenta selama kehamilan.
Kafein Mengurangi Kesuburan, Mitos atau Fakta? (398749)
ilustrasi wanita cemas, stres atau depresi Foto: Shutterstock

Stres Dapat Pengaruhi Kesuburan

dr.Roberts pun mengutip salah satu penelitian terhadap wanita di Eropa yang menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari 5 cangkir kopi sehari membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil. Tapi menurutnya, hal tersebut bukan penyebab utama seorang wanita sulit hamil.
ADVERTISEMENT
Namun, bisa saja hal ini disebabkan oleh kebiasaan dan bukan karena kandungan kafein. Salah satunya ialah stres. Ya Moms, banyak orang yang memilih untuk berhenti konsumsi kafeinseperti kopi agar dirinya cepat hamil. Tapi bisa saja penyebab seorang wanita sulit hamil karena stres.
"Meskipun konsumsi kafein dalam jumlah sedang tidak mungkin mengganggu peluang Anda untuk hamil, namun stres dapat berdampak nyata pada kesuburan. Karena berhenti minum kopi dapat menyebabkan stres," ujarnya.
Untuk itu, Roberts tetap memperbolehkan baik pria maupun wanita untuk konsumsi kopi. Karena tak ada bukti bahwa kafein dapat mempengaruhi kualitas sel telur dan sperma. Kendati demikian, konsumsilah dalam batas yang wajar.
Kafein Mengurangi Kesuburan, Mitos atau Fakta? (398750)
wanita minum kopi Foto: Shutterstock

Batasan Konsumsi Kafein

Berdasarkan sebuah penelitian, minum 1-2 cangkir kopi atau sekitar 200-300 miligram kafein dalam sehari aman dikonsumsi wanita saat mereka sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan.
ADVERTISEMENT
Namun perlukita ketahui juga, bahwa kopi bukan satu-satunya sumber kafein, lho! Teh, soda, dan cokelat pun mengandung kafein. Jadi tetap batasi jumlah kafein harian Anda, ya, Moms.