Kamus Kehamilan: Preeklamsia, Apa Artinya?

10 Januari 2022 17:06
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Preeklamsia dalam kehamilan, apa artinya? Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Ada banyak hal yang perlu dipahami ibu selama hamil. Mulai dari tahapan perkembangan bayi di dalam kandungan, kebutuhan asupan gizi ibu hamil, sampai berbagai istilah yang kerap digunakan dalam kehamilan. Salah satunya adalah preeklamsia.
ADVERTISEMENT
Apa artinya? Baca terus artikel ini sampai habis untuk memahaminya.

Arti Preeklamsia dalam Kehamilan

Ilustrasi ibu hamil dengan preeklamsia. Foto: Shutterstock
Preeklamsia merupakan kondisi yang terjadi secara tiba-tiba, di mana adanya peningkatan tekanan darah yang signifikan pada ibu hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah pembekuan darah, serta pembengkakan tubuh yang dapat mempengaruhi organ lain seperti hati dan ginjal. Hal ini dijelaskan oleh Mia Armstrong, MD, seorang dokter anak yang merupakan anggota American Academy of Pediatrics seperti dikutip dari Medical News Today.
Preeklamsia merupakan komplikasi yang paling umum terjadi selama kehamilan. Kondisi ini sering kali berkembang selama trimester ketiga dan mempengaruhi sekitar 1 dari 25 kehamilan. Preeklamsia sangat berbahaya karena bisa menjadi penyebab kematian utama pada ibu maupun bayi di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Sampai saat ini, para ahli kesehatan tidak yakin terkait penyebab pasti preeklamsia pada ibu hamil. Namun, faktor kekurangan nutrisi, obesitas dan adanya masalah pada perkembangan plasenta bisa memicu kondisi tersebut, Moms.
Gejala preeklamsia pada ibu hamil. Foto: Shutter Stock
Mengutip laman Preeclampsia Foundation, ibu hamil dengan preeklamsia biasanya juga mengalami gejala seperti berikut ini.