Mom
·
4 April 2019 8:56

Kata Psikolog tentang Cara Jokowi Nikmati Libur Bersama Jan Ethes

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kata Psikolog tentang Cara Jokowi Nikmati Libur Bersama Jan Ethes  (39253)
Jokowi dan Jan Ethes Foto: Kevin S Kurnianto/kumparan
Presiden Joko Widodo agaknya tahu bahwa hubungan dekat dengan kakek-nenek dapat memberikan manfaat bagi anak. Di sela-sela masa kampanyenya yang bertepatan dengan tanggal merah, ia menyempatkan diri mengajak cucunya, Jan Ethes, pergi ke Mal Solo Paragon, Solo, Rabu (3/4). Tidak hanya berdua, Jokowi dan Jan Ethes ditemani Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan istrinya Selvi Ananda.
Kata Psikolog tentang Cara Jokowi Nikmati Libur Bersama Jan Ethes  (39254)
Presiden Jokowi sedang bermain bersama cucunya Jan Ethes. Foto: Kevin S Kurnianto/kumpara
Sesampaiknya di mal, Jokowi mengajak Jan Ethes ke anjungan bermain 'Happy Time' di lantai 3 untuk melihat beberapa permainan di sana. Setelah itu, Jokowi menggandeng Jan Ethes untuk mencoba permainan golf dan bowling mini bersama-sama. Iriana terlihat memperhatikan dari belakang dan sesekali tersenyum melihat keakraban Jan Ethes dan kakeknya.
ADVERTISEMENT
Usai bermain, Jokowi yang terlihat menggendong cucunya itu berkeliling dan menikmati permainan lainnya. Jokowi mengaku bahwa sudah 3 bulan tak bertemu cucunya. Ia mengatakan kunjungannya bersama Ethes dalam rangka refreshing dari kesibukannya melakukan kunjungan kerja hingga kampanye politik di beberapa wilayah di Indonesia.
Kata Psikolog tentang Cara Jokowi Nikmati Libur Bersama Jan Ethes  (39255)
Warga menyambut Presiden Jokowi bersama cucunya Jan Ethes di Mal Solo Paragon. Foto: Kevin S Kurnianto/kumparan
Psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, turut mengomentari cara Jokowi menikmati hari libur bersama cucunya. Menurut psikolog dari dari Lembaga Psikologi Terapan UI (LPTUI) ini, apa yang dilakukan Jokowi sangat penting dan dapat berdampak besar bagi tumbuh kembang Jan Ethes.
Vera mengatakan, "Anak dalam tumbuh kembangnya butuh merasa dicintai dan dirindukan kehadirannya oleh significant others dalam kehidupannya. Significant others ini adalah orang-orang yang punya arti baginya yang ada di sekitarnya. Termasuk kakek, nenek, om, atau tante. Misalnya, seperti yang dilakukan Pak Jokowi terhadap cucunya, Jan Ethes."
Kata Psikolog tentang Cara Jokowi Nikmati Libur Bersama Jan Ethes  (39256)
Presiden Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes melihat-lihat salah satu wahana permainan di Mall Solo Paragon, Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/4). Foto: ANTARA FOTO/Mahendra Saputra
Vera pun menjelaskan, kedekatan dengan anak juga berpengaruh positif pada orang tua atau mereka yang jadi significant others tersebut. Antara lain untuk melepaskan stres.
ADVERTISEMENT
"Di sini ada timbal balik, jadi mendapat manfaat juga antara lain utk stress release," ujarnya.
Nah, bagaimana dengan anak Anda, Moms? Apakah juga suka menikmati hari libur bersama dengan kakek, nenek atau kerabat lainnya?