kumparan
search-gray
Mom28 Desember 2017 17:15

Kegeraman Ibu-ibu Terhadap Aksi Ricis: Anak Diajar Merusak Lingkungan

Konten Redaksi kumparan
Ricis
Ricis di Hotel JS Luwansa. (Foto: Munady Widjaja/kumparan)
Ria Ricis, selebgram yang juga YouTuber muda ini dikiritik oleh ibu-ibu karena video blog (Vlog) milikinya soal membuang mainan squishy ke laut dan toilet. Video tersebut diunggah di akun YouTube Ricis yang sudah memiliki 2,3 juta subscriber dan sebagian besar anak-anak.
ADVERTISEMENT
Salah satu vlog yang dikritik adalah video berjudul "BUANG SQUISHY KE CLOSET??? - squishy dares" yang dipublish pada 25 Desember 2017 lalu. Hingga Kamis (28/12) video itu sudah ditonton lebih dari 360 ribu kali.
Vlog itu berdurasi 4 menit 43 detik. Di awal video Ricis memperlihatkan squishy mini koleksinya. Dia mendeskripsikan setiap squishy mulai dari bentuk sampai aromanya. Di akhir video Ricis terlihat berada di toilet dan membuang salah satu squishy-nya ke kloset tanpa di-flush.
Seorang aktivis lingkungan, Wulan Russel, geram dengan aksi Ricis ini. Ibu yang sedang hamil tersebut mengunggah potongan vlog Ricis ke akun Instagramnya sambil menumpahkan kekesalannya.
"Malah mencontohkan orang-orang hal yang nggak bener kayak "Buang squishy penting banget nggak seh?" Di video sebelumnya, loe buang-buang sampah loe ke laut, ngaku dipungut lagi, tapi nggak ada tuh buktinya dipungut lagi, udah gitu nenteng-nenteng bintang laut pula! Sekarang bikin-bikin beginian lagi. Loe tau nggak, toilet paper aja bisa bikin sampah ngendep di spitank dan mampet, apalagi ginian yang terbuat dari plastik, mau itu udah loe ambil lagi dari toilet tetep aja judul awalnya begitu nyontohin nggak benar. Apalagi subscribers/followers loe anak-anak di bawah umur," tulis Wulan di akun Instagramnya.
ADVERTISEMENT
Wulan bahkan menantang Ricis adu panco atau Muay Thai. Bila Ricis kalah, dia harus menutup channel YouTubenya.
"Sini kalo loe punya nyali, gw tantangin loe adu panco atau Muay Thai di atas ring pas kehamilan gw nginjek 6 bulan (pilih mau Panco atau Muay Thai), kalau kalah loe tutup channel," lanjutnya.
Wulan tidak ingin bila generasi muda mengikuti aksi Ricis membuang sampah sembarangan hanya karena melihat vlog tersebut.
Selain Wulan, beberapa ibu muda juga berkomentar di akun YouTube Ricis. Seperti yang diungkapkan oleh Nila Novita.
Nila memiliki anak berumur 7 tahun. Setiap hari dia mengizinkan anaknya nonton YouTube selama 10 menit dan salah satu channel yang disubscribe anaknya adalah milik Ricis. Dia menyayangkan waktu 10 menit yang diberikan kepada anaknya digunakan untuk melihat video dari Ricis.
ADVERTISEMENT
"Saya sudah menegur anak saya bahkan meng-unsubsribe channel kamu (Ricis) agar dia tidak menonton lagi, karena saya sebagai orang tua tidak ingin anak saya dipengaruhi dengan konten-konten video yang tidak berfaedah dan tidak mendidik. Squishy itu memang bukan hal yang besar tapi anak-anak yang terpengaruh dengan video kamu mereka bukan tidak mungkin akan mempraktekannya juga," tulis Nila.
"Mulai dari menggunting squishy, memasukan ke slime, membuang ke laut dan membuang ke kloset. Squishy dibeli dengan uang dan jika digunting, dibuang atau rusak apa tidak sama saja kamu mengajarkan buang-buang uang? Serta sangat merusak lingkungan! Tolong untuk buat konten yang berfaedah dan mendidik. Jika tidak bisa menampilkan konten yang mendidik, saya sarankan tutup channel YouTube anda," tambah Nila.
Ria Ricis
Ria Ricis (Foto: Munady)
Senada dengan Nila, pemilik akun YouTube Starlight Wnz juga ikut berkomentar di vlog Ricis. Dia mengatakan akibat melihat video ini, keponakannya jadi ikutan membuang mainan ke kloset.
ADVERTISEMENT
"Gara-gara video ini keponakan saya buang mainan ke toilet sampe nggak bisa dimainin dan rusak. Sayang-sayangin barang. Please kalo mau buat konten jangan yang buang-buang barang," tulisnya.
Menanggapi hal ini Ria Ricis mengungkapkan setiap orang punya hak untuk menyampaikan pendapatnya. Ricis justru mendoakan agar kandungan Wulan baik-baik saja.
"Semoga kandungannya sehat sampai lahiran. Dari Ricis dan tim mendoakan semoga kehamilan dan semuanya sehat-sehat aja dan baik-baik saja," kata Ricis kepada kumparan (kumparan.com), Kamis (28/12).
Dia meminta maaf bila ada yang merasa tersinggung dengan yang dia lakukan. Ricis berharap netizen bisa melihat secara utuh video yang diunggahnya.
"Mohon maaf apabila meresahkan. Tapi mungkin alangkah lebih baik apabila netizen mencari informasi yang lebih jelas mengenai berita tersebut karena Ricis tidak benar-benar melakukan hal serupa dengan judul video," ucapnya.
ADVERTISEMENT
"Ricis juga bukan tipe orang yang suka buang sampah sembarangan bahkan hampir tidak pernah," imbuhnya.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white