kumparan
search-gray
Mom13 April 2018 8:27

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Babysitter

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi pengasuh
Ilustrasi pengasuh. (Foto: Shutterstock)
Tantangan khas orang tua bekerja: siapakah yang bertanggung jawab menjaga dan mengurus anak, selagi orang tua bekerja?
ADVERTISEMENT
Pilih menitipkan pada kakek-neneknya si kecil, daycare, atau menggunakan jasa babysitter? Apapun pilihan beserta pertimbangannya, tentu hal itu diharapkan bisa 'meringankan hidup' Anda dan pasangan. Dan apapun pilihannya, tak terlepas dari kelebihan beserta kekurangannya.
Bagi mereka yang memilih untuk menitipkan anak menggunakan jasa babysitter, berikut kumparanMOM (kumparan.com) rangkum dampak positif dan negatifnya.
Dampak Positif
1. Bebas Stres di Pagi Hari
Pagi hari menjelang bersiap-siap ke kantor, Anda jadi hanya perlu fokus terhadap diri Anda sendiri. Kebutuhan si kecil soal menyiapkan makan, perlengkapan sekolah, membuatkan bekal, memandikan, dan sebagainya, ada babysitter yang mengurus. Anda hanya perlu memantaunya saja.
Bahkan bukan hanya di pagi hari, Anda pun bisa santai mengetahui bahwa jam makan dan tidur si kecil tetap aman sampai malam hari nanti.
ADVERTISEMENT
2. Memiliki Waktu Berdua dengan Suami
Ilustrasi Pasangan
Ilustrasi Pasangan (Foto: dok.Thinkstock)
Keberadaan anak memang dapat mengurangi waktu berkualitas dengan suami. Anda dan pasangan tentu kangen juga saat-saat masa pacaran dulu, kan? Nah, keberadaan babysitter dapat memembantu Anda mewujudkan keinginan tersebut, Moms.
Anda bisa memilih hari saat Anda dan suami saat sama-sama sedang off bekerja atau janjian saat sepulang bekerja, untuk pergi pacaran tanpa perlu khawatir anak tidak ada yang mengurus di rumah.
3. Bebas Khawatir dari Kurang Perhatian
Memililki babysitter untuk si bayi, artinya secara ekslusif ada satu orang secara fokus mengurus segala kebutuhan bayi, mulai dari hal kecil sampai yang besar. Dengan demikian, Anda bisa terlepas dari rasa khawatir, takut anak tidak mendapat perhatian yang cukup bila harus 'berebut' dengan anak lainnya di dalam penitipan anak.
ADVERTISEMENT
4. Bebas Repot
Selain bebas repot di pagi hari, Anda juga bebas repot tatkala harus mengikuti jam-jam mengantar dan menjemput anak, jika ia dititipkan di tempat penitipan. Anda pun cukup mengontak babysitter untuk menanyakan kabar si kecil.
Dampak Negatif
1. Kurang Dekat dengan Anak
Ibu depresi (COV)
Ibu mudah merasa depresi (Foto: Thinkstock)
Ketika anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan babysitter ketimbang Anda, maka ia cenderung lebih nurut dengan babysitter.
Untuk mengatasinya, meski Anda menggunakan jasa babysitter, bukan berarti segala urusan maka babysitter yang harus mengurusinya. Anda juga harus meluangkan waktu buat anak.
2. Banyak Pengeluaran
Mengambil jasa babysitter, artinya ada tambahan pos pengeluaran baru dan tidak murah. Jadi, sebelum mengambil jasa babysitter, pastikan Anda sudah mendiskusikannya dengan suami, demi mengalokasikan dana buat babysitter.
ADVERTISEMENT
3. Anak Rawan Jadi Korban Kekerasan
Ilustrasi kekerasan
Ilustrasi kekerasan (Foto: pixabay )
Menggunakan jasa babysitter maka tetap ada kemungkinan anak bisa menjadi korban kekerasan maupun penculikan. Dari banyaknya kasus, justru dilakukan oleh orang terdekat, dan salah satunya oleh pengasuh.
Maka dari itu, jika Anda memang membutuhkan jasa babysitter, usahakan untuk mengenali identitas dan personalnya secara detail, menggunakan yayasan babysitter yang terpercaya, dan yang tak kalah penting ialah membangun komunikasi yang baik dengan babysitter dan yayasan.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, semoga dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum menggunakan jasa babysitter. Sehingga, harapan Anda dan suami justru dapat terealisasi dengan bantuan babysitter.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white