kumparan
search-gray
Mom29 Juli 2020 9:06

Kemen PPPA: Mendongeng Bisa Tingkatkan Bonding Orang Tua dan Anak

Konten Redaksi kumparan
Kemen PPPA: Mendongeng Bisa Tingkatkan Bonding Orang Tua dan Anak (377176)
Mendongeng bisa tingkatkan bonding orang tua dan anak. Foto: shutterstock
Mendongeng untuk anak merupakan salah satu bentuk tradisi lisan yang sudah sejak ada sejak dulu alias dari generasi ke generasi melalui cerita rakyat. Dengan mendongeng, ada banyak sekali manfaat yang akan didapat oleh si kecil. Salah satunya, membangun kedekatan orang tua dengan anak.
ADVERTISEMENT
Namun, seiring perkembangan zaman, mendongeng sepertinya menjadi salah satu kegiatan yang kurang menarik perhatian beberapa orang tua. Salah satu alasannya, karena mereka tak percaya diri bisa mendongeng dengan gaya yang menarik. Terlebih, jika orang tuanya bekerja atau memiliki banyak kesibukan lain di luar rumah, sehingga waktu mereka dengan anak pun terbatas.
Kemen PPPA: Mendongeng Bisa Tingkatkan Bonding Orang Tua dan Anak (377177)
Ilustrasi anak dan ibu membaca buku dongeng bersama Foto: Shutterstock
Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya sekitar 0,001 persen. Itu artinya dari 1.000 orang Indonesia, hanya satu anak yang senang membaca. Padahal dengan mendongeng atau membacakan cerita pada anak sedini mungkin, dapat meningkatkan minat baca pada anak. Demikian yang disampaikan Dra. Elvi Hendrani,M.Si, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreativitas, dan Budaya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Membaca menjadi hal yang sangat penting untuk menjadikan anak generasi emas karena membaca adalah jendela dunia. Menumbuhkembangkan minat baca anak dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah mendongeng," kata Elvi dalam Webinar bertema 'Peluncuran Dongeng Aku dan Kau dari Nestle DANCOW Nutritods' yang dihelat pada Selasa (21/7).
Elvi menambahkan, dengan mendongeng, orang tua juga dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran, cinta tanah air, budaya, dan meningkatkan kreativitas pada anak. Ya Moms, secara tak langsung Anda dapat melatih anak mengolah atau menyampaikan informasi dari hal-hal yang ia dapat dari cerita tersebut.
Kemen PPPA: Mendongeng Bisa Tingkatkan Bonding Orang Tua dan Anak (377178)
Ilustrasi ibu membacakan anak dongeng. Foto: Shutterstock
Untuk itu, ia pun mengajak para orang tua yang kini mungkin saja masih punya banyak waktu di rumah akibat pandemi virus corona, dapat mengubah kebiasaan dan mendampingi anak-anaknya dengan mendongeng. Sebab, hal ini dapat menjadi kesempatan Anda untuk meningkatkan bonding dengan anak, Moms.
ADVERTISEMENT
"Melalui dongeng, Anda dapat menumbuhkembangkan aspek-aspek kognitif, sosial, bahasa, dan lainnya. Anda juga bisa menanamkan nilai kejujuran, karena kejujuran merupakan bagian dari budi pekerti, modal utama dalam membangun moral, mempertahankan norma, keyakinan, dan mengedepankan integritas. Semakin banyak anak-anak yang berintegritas, maka semakin mudah negara ini membangun bangsanya," pungkasnya.
Oleh karena itu, yuk, jadikan kegiatan mendongeng sebagai kesempatan untuk membangun kebersamaan bersama anak, Moms. Karena, masih kata Elvi, mendongeng juga dapat menjadi wadah untuk menguatkan komunikasi dengan anak secara terbuka dan melatih anak menjadi pendengar yang baik.
"Jadilah orang tua yang kreatif dan inovatif. Doronglah anak untuk terus bersemangat dan bukalah kesempatan agar mereka dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk kegiatan yang positif, kreatif, dan rekreatif," tutupnya.
ADVERTISEMENT
*****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!