Mom16 September 2020 7:54

Kenapa Ada Wanita yang Merasakan Hamil Palsu?

Konten Redaksi kumparan
Kenapa Ada Wanita yang Merasakan Hamil Palsu? (63696)
Ilustrasi ciri-ciri hamil palsu. Foto: Shutter Stock
Perut membesar, telat menstruasi, payudara berubah, mual di pagi hari, adalah sederet ciri-ciri hamil yang mungkin Anda rasakan. Tapi tahukah Anda, mengalami gejala itu belum tentu Anda hamil, Moms! Sebab, bisa saja Anda mengalami hamil palsu. Apa maksudnya?
ADVERTISEMENT
Dilansir American Pregnancy Association, hamil palsu atau dalam istilah medisnya pseudocyesis adalah kondisi yang membuat seorang wanita percaya bahwa dirinya sedang hamil, padahal tidak sama sekali. Bahkan di antara Anda mungkin mengalami banyak gejala yang biasa dirasakan para ibu hamil.
Lantas, apa penyebabnya?
Kenapa Ada Wanita yang Merasakan Hamil Palsu? (63697)
Hamil palsu. Foto: Shutterstock

Penyebab Kehamilan Palsu

Pseudocyesis sebenarnya jarang terjadi pada wanita, sehingga dokter masih berusaha mengumpulkan akar penyebab kondisi ini. Beberapa orang percaya bahwa penyebabnya adalah fisik, sementara yang lain percaya itu disebabkan oleh psikologis seseorang dan trauma fisik maupun mental.
Ada juga penyebab fisik yang nyata yakni karena wanita tersebut mengalami tumor ovarium dan ketidakseimbangan kimiawi di otak sehingga tubuh memberikan informasi bahwa Anda sedang hamil. Tapi penyebab paling umum adalah seorang wanita sangat ingin hamil sehingga dia secara mental meyakinkan dirinya sendiri bahwa sedang hamil.
ADVERTISEMENT

Ciri-ciri Hamil Palsu

Ketika wanita menderita pseudocyesis, dia akan merasakan gejala kehamilan seperti ibu hamil lainnya, mulai dari mual di pagi hari, frekuensi buang air kecil yang sering, pembengkakan payudara, perut membesar, dan ciri-ciri fisik lainya seperti orang hamil.
Tapi yang membuatnya berbeda adalah tidak ada bayi yang berkembang di dalam perutnya, Moms. Adapun ciri-ciri lainnya kehamilan palsu adalah penambahan berat badan, perubahan kulit dan rambut, bahkan sampai mengalami sensasi gerakan dan kontraksi janin.
Kenapa Ada Wanita yang Merasakan Hamil Palsu? (63698)
Ilustrasi Hamil palsu Foto: Thinkstock
Namun untuk memastikan Anda mengalami kehamilan atau tidak, satu-satunya cara adalah menjalankan tes dan pemeriksaan fisik secara menyeluruh di dokter kandungan. Mulai dari pemeriksaan panggul untuk menentukan adanya konsepsi dan melalui ultrasonografi atau USG.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, mengatasi kehamilan palsu ini sangatlah sulit. Bukan hanya soal masalah medis saja, tetapi lebih bersifat psikologis di mana gejalanya bisa berlangsung beberapa minggu, 9 bulan penuh, bahkan bertahun-tahun.
Setelah dokter membuktikan fakta bahwa ini memang kehamilan palsu, mereka kemudian akan melakukan beberapa pemeriksaan psikologis untuk memastikan bahwa tidak ada kondisi psikologis atau neurologis yang mendasarinya. Setelah itu, mereka akan memberikan terapi psikologis dan dukungan emosional karena ini adalah satu-satunya cara untuk menangani pseudocyesis, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white