Mom
·
20 Maret 2018 12:45

Kenapa Bayi yang Lahir dengan Kulit Putih Jadi Menghitam?

Konten ini diproduksi oleh
Kenapa Bayi yang Lahir dengan Kulit Putih Jadi Menghitam? (47448)
Ilustrasi Bayi Berkulit Gelap (Foto: Pixabay)
Anda tentu masih ingat, betapa putihnya kulit si kecil saat baru lahir. Begitu putih bersih, ditambah rona kemerahan yang semakin membuatnya tampak menggemaskan. Bahkan bisa jadi, kulit bayi tampak lebih putih dari kulit kedua orang tuanya.
ADVERTISEMENT
Namun pada beberapa bayi, keadaan ini akan mengalami perubahan beberapa bulan kemudian. Anda pun terheran-heran, kenapa bayi saya berangsur-angsur jadi menghitam?
Tenang, Moms, tidak ada yang salah kok. Ini adalah hal yang wajar.
Kenapa Bayi yang Lahir dengan Kulit Putih Jadi Menghitam? (47449)
Bayi baru lahir (Foto: Pixabay)
Saat baru lahir, kulit bayi masih tipis. Kulit yang tipis ini membuat pembuluh darah di bawah kulit dapat terlihat lebih jelas dan warna kulitnya bersemu merah jambu. Kandungan pigmen di dalam kulit bayi yang baru lahir pun masih sedikit.
Perlahan-lahan, sejak lahir hingga memasuki usia 2 bulan, kulit bayi akan menebal, bertambah jumlah pigmennya dan karena hal ini berubah menjadi lebih gelap. Fase perubahan warna kulit ini umumnya berlangsung selama 6 bulan pertama kehidupan bayi.
ADVERTISEMENT
Setelah 6 bulan, warna kulit bayi biasanya adalah warna kulitnya yang tetap atau permanen. Warna kulit ini diwarisi bayi dari kedua orangtuanya.
Namun bisa juga perubahan warna kulit dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan kondisi kesehatannya. Karenanya, penting bagi orang tua untuk selalu memperhatikan kondisi kulit bayi. Misalnya jika perubahan warna kulit bayi tampak sangat kontras atau terjadi dengan cepat.
Kenapa Bayi yang Lahir dengan Kulit Putih Jadi Menghitam? (47450)
Bayi berbagai ras. (Foto: Comstock/Thinkstock)
Selain masalah kesehatan, perubahan warna kulit bayi dapat dipengaruhi karena ketidakcocokan bayi dengan sabun atau produk perawatan kulit yang dipakainya. Coba teliti kembali, Moms!
Bisa juga, kulit bayi menghitam akibat dijemur terlalu lama. Para ahli menyarankan Anda menjemur bayi tidak lebih dari 15 menit dan dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 8 dengan membelakangi matahari. Bayi juga perlu tetap mengenakan pakaian saat dijemur karena kulitnya masih sangat tipis dan sensitif.
ADVERTISEMENT
Jika tidak ada kekhawatiran ini namun bayi mengalami perubahan warna kulit secara drastis, Anda perlu membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.