Kenapa Ibu Hamil Jadi Jerawatan?

12 Februari 2024 17:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jerawat pada ibu hamil. Foto: Aquarius Studio/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Jerawat pada ibu hamil. Foto: Aquarius Studio/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada beberapa perubahan yang umum dialami wanita pada tubuhnya saat hamil. Salah satu yang cukup banyak dialami ibu hamil adalah masalah kulit seperti wajah kusam, kulit kering, hingga munculnya jerawat.
ADVERTISEMENT
Jerawat yang muncul pada ibu hamil bisa dibilang berbeda dengan orang biasa. Ya Moms, mereka bisa mengalami jerawat pada wajah dan punggung dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, munculnya jerawat kerap membuat ibu hamil merasa tidak percaya diri.
Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan jerawat pada ibu hamil?
Dikutip FirstCry Parenting, ada beberapa hal yang bisa memicu munculnya jerawat selama kehamilan seperti berikut ini.

Penyebab Jerawat Sering Muncul saat Hamil

Hormon kehamilan
Jerawat pada ibu hamil. Foto: siro46/Shutterstock
Hormon kehamilan seperti estrogen dan androgen sering kali menjadi penyebab utama munculnya jerawat pada ibu hamil. Ketika jumlah hormon tersebut meningkat akan menyebabkan banyak perubahan tubuh pada ibu hamil. Misalnya produksi sebum (minyak) berlebih yang akhirnya menyebabkan penyumbatan pori-pori, peradangan, pertumbuhan bakteri, sehingga memicu munculnya jerawat. Selain hormon kehamilan, hormon stres yang dialami beberapa ibu hamil juga bisa menyebabkan jerawat.
ADVERTISEMENT
Racun di dalam tubuh
Selama kehamilan, tubuh wanita melepaskan lebih sedikit racun karena tubuhnya menahan lebih banyak air. Sebagian racun ini kemudian terperangkap di dalam pori-pori dan mencoba keluar melalui kulit dan keringat. Proses inilah yang akhirnya menimbulkan jerawat kehamilan.
Sistem kekebalan tubuh ibu hamil menurun
Selain hormon yang berfluktuasi selama kehamilan, tingkat kekebalan tubuh ibu juga menurun. Padahal, sistem kekebalan tubuh juga berperan penting untuk melawan jerawat. Oleh karena itu, adanya tekanan berlebihan pada sistem kekebalan tubuh membuat kulit ibu hamil mudah terinfeksi bakteri dan kemudian berjerawat.
Sarung bantal dan handuk kotor
Ibu Hamil Memencet Jerawat Foto: Shutter Stock
Selain alasan yang terkait dengan kehamilan, beberapa peralatan yang digunakan sehari-hari seperti sarung bantal dan handuk yang kotor juga bisa menyebabkan jerawat pada ibu hamil. Kotoran yang terperangkap di sarung bantal dan handuk bisa menimbulkan produksi minyak berlebih jika sering bersentuhan dengan wajah ibu hamil. Oleh karena itu, jaga perlengkapan Anda agar tetap bersih dengan menggantinya secara rutin, Moms. Apalagi, kondisi kulit terbilang lebih sensitif saat hamil sehingga mudah bermasalah.
ADVERTISEMENT
Menyentuh wajah dengan tangan kotor
Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor hanya akan membuat bakteri berpindah. Bakteri kemudian berkembang biak dan menyebabkan munculnya jerawat. Ibu hamil yang tidak nyaman dengan kondisi ini mungkin akan mencoba untuk memencet jerawatnya. Alih-alih membuatnya membaik, hal ini justru hanya akan memicu munculnya jerawat lain.