Mom
·
15 November 2020 9:21

Kenapa saat Hamil Mual?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenapa saat Hamil Mual? (669630)
Ilustrasi ibu hamil mual. Foto: Shutterstock
Mual adalah gejala umum yang dirasakan saat hamil, terutama di trimester pertama. Ibu hamil maupun orang-orang di sekitarnya mungkin juga menganggap ini sebagai hal yang sangat wajar terjadi.
ADVERTISEMENT
Tapi pernahkah Anda merasa penasaran, apa sebenarnya yang menyebabkan ibu hamil jadi sering merasa mual?

Penyebab Mual saat Hamil

Kenapa saat Hamil Mual? (669631)
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
Mengutip laman American Pregnancy, mual biasa muncul pada minggu ke-6 hingga minggu ke-12 kehamilan. Meski disebut sebagai morning sickness, rasa mual bisa terjadi seharian, mulai dari pagi hingga malam.
Ya Moms, mengalami morning sickness memang tak nyaman. Tak hanya mengganggu aktivitas, rasa mual juga sering mengurangi nafsu makan, menguras energi, hingga sulit tidur.
Meski menyiksa, kondisi ini sangat umum dan wajar. Sekitar 80 persen ibu hamil merasakan kondisi ini. Justru merasa mual pada masa awal kehamilan sebenarnya pertanda baik.
Para ahli menduga rasa mual saat hamil terjadi akibat tubuh memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) begitu sel telur dibuahi dan menempel pada leher rahim. Hal itu disetujui oleh dr Karno Suprapto Sp.OG, dokter spesialis kandungan di RS Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta,
ADVERTISEMENT
“Mual pada trimester pertama karena pengaruh hormon HCG yg dihasilkan oleh kehamilan,” jelas dr Karno saat dihubungi kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Beberapa ahli memang percaya ada hubungan antara hormon hCG dan morning sickness. Namun mekanismenya masih belum diketahui.

Pengaruh Hormon Kehamilan

Kenapa saat Hamil Mual? (669632)
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
Dilansir Medical News Today, meningkatnya kadar hormon estrogen dan progesteron juga ditunjuk sebagai penyebab.
Salah satu akibatnya, indera penciuman menjadi lebih tajam sehingga saat ibu hamil mencium bau yang tidak ia sukai, ia mudah mual. Perubahan pada panca indera ini ternyata ada tujuannya, Moms. Apa itu?
“Sebetulnya selama hamil semua panca indra ibu menjadi sangat sensitif. Teorinya seperti di dunia hewan, mereka menjadi lebih sensitif untuk melindungi kehamilannya. Bahkan emosi juga lebih sensitif. Seperti ayam kalau sedang mengerami telur atau menjaga anaknya akan sangat galak. Kulit ibu hamil juga berubah menjadi lebih gelap. Di dunia hewan supaya tidak mudah terlihat oleh predatornya,” jelas dr. Karno.
ADVERTISEMENT
Yang pasti, seisi tubuh Anda sedang dalam proses transisi untuk menunjang perkembangan bayi di dalam kandungan. Tak heran kalau selain merasa tak nyaman, susah tidur, atau mudah lelah, rasa mual saat hamil pun muncul.