Mom
·
22 Oktober 2020 7:29

Kenapa saat Hamil Perut Bagian Bawah Sakit?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenapa saat Hamil Perut Bagian Bawah Sakit?  (595409)
Hamil PTR Foto: Shutterstock
Ada beberapa hal yang umum dirasakan saat hamil. Mulai dari mual di pagi hari, sering merasa lelah, bahkan hingga merasakan sakit perut di bagian bawah. Apakah Anda pernah mengalaminya juga, Moms?
ADVERTISEMENT
Bila ya, Anda perlu paham bahwa sakit perut di awal kehamilan adalah hal yang wajar. Itu terjadi karena 10-14 hari setelah ovulasi, terjadi implantasi sel telur yang berhasil dibuahi pada rahim. Kram perut yang menjadi pertanda kehamilan ini terjadi pada perut bagian bawah mendekati posisi rahim. Kondisi kram ini juga biasanya diikuti dengan munculnya flek atau bercak darah atau terlambatnya menstruasi.
Perlu dipahami juga bahwa hal ini tidak otomatis akan terjadi pada tiap wanita yang tengah hamil muda, Moms. Jadi Anda tak perlu khawatir bila tak mengalaminya.
Namun, jika kram perut tidak diikuti dengan gejala hamil lainnya, Anda mungkin saja tengah menderita penyakit seperti:

Batu Saluran Kemih (batu ginjal)

Batu saluran kemih merupakan kondisi terbentuknya batu di saluran keluarnya urine. Batu ini bisa berada di ginjal, ureter, kandung kemih maupun uretra. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di perut.
ADVERTISEMENT

Sembelit saat Hamil

Kenapa saat Hamil Perut Bagian Bawah Sakit?  (595410)
Ilustrasi wanita sembelit (cover) Foto: Shutter Stock
Sembelit atau konstipasi merupakan kelainan pada sistem pencernaan. Yakni kondisi saat tubuh mengalami pengerasan tinja yang berlebih sehingga terasa susah untuk buang air besar.
Meski begitu, sembelit juga merupakan gejala kehamilan yang umum terjadi, sebab kondisi tengah mengandung membuat hormon progesterone meningkat. Hormon tersebut mengendurkan otot-otot pada rahim serta otot dinding usus.

Endometriosis

Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon estrogen, berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai dengan perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim.

Kista Ovarium

Kenapa saat Hamil Perut Bagian Bawah Sakit?  (595411)
Ilustrasi hamil di trimester pertama. Foto: Shutterstock
Kista ovarium merupakan kondisi di mana kantong berisi cairan terbentuk di dalam ovarium. Ada beberapa gejala kista ovarium yang perlu diwaspadai, di antaranya: pendarahan, nyeri saat berhubungan seksual, sulit untuk buang air kecil atau besar, dan sering mengalami nyeri pada tulang panggul.
ADVERTISEMENT

Radang Usus Besar

Radang usus besar atau yang biasa disebut dengan colitis, merupakan kondisi usus besar mengalami peradangan yang membuat rasa sakit berlebih pada perut.
Agar Anda tidak ragu dengan tanda hamil yang Anda alami, Anda bisa langsung mengeceknya menggunakan test pack atau langsung pergi ke dokter kandungan, demi mendapat info yang lebih akurat.