Mom
·
15 Oktober 2020 7:43

Kenapa saat Hamil Tulang Ekor Sakit?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenapa saat Hamil Tulang Ekor Sakit?  (100542)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutter Stock
Ada beberapa keluhan yang umum dirasakan saat hamil, salah satunya adalah rasa nyeri di punggung bagian bawah, sekitar tulang ekor. Meski wajar terjadi pada ibu hamil, kondisi ini tetap saja membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa yang menyebabkan tulang ekor terasa sakit saat hamil? Apakah ada cara untuk meredakannya?

Penyebab Tulang Ekor Terasa Sakit saat Hamil

Kenapa saat Hamil Tulang Ekor Sakit?  (100543)
Ilustrasi tulang ekor sakit saa hamil Foto: Shutterstock
Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr. Beeleonie, BMedSc, Sp.OG-KFER, mengatakan salah satu faktor pencetus nyeri di tulang ekor adalah hormon relaxin yang keluar saat masa kehamilan.
"Adanya hormon relaxin dan sejenisnya yang dikeluarkan dalam kehamilan menjadi penyebab terjadinya pelunakan sendi-sendi. Khususnya sendi-sendi di bagian panggul dan nyeri pada tulang ekor," kata dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Hermina Kemayoran di Jakarta Pusat ini kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Dilansir The Bump, selama kehamilan, hormon-hormon relaxin dan sejenisnya memang membuat ligamen menjadi lunak, dengan tujuan untuk mempersiapkan kelahiran. Ligamen sendiri adalah penghubung antar tulang, sehingga saat tulang Anda mulai rileks, itu menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan nyeri pada tulang ekor saat hamil. Misalnya saja, bayi di dalam kandungan memberi banyak tekanan pada tulang ekor Anda. Hal itu disebabkan karena tulang ekor berada tepat di belakang rahim, sehingga saat bayi tumbuh dan membesar, tulang-tulangnya akan mendorong tulang ekor Anda, Moms.

Cara Redakan Tulang Ekor yang Sakit saat Hamil

Kenapa saat Hamil Tulang Ekor Sakit?  (100544)
Ilustrasi ibu hamil Foto: Shutterstock
Agar sakitnya tidak semakin parah, cara terbaik untuk meredakannya adalah dengan mengurangi aktivitas pada tulang belakang. Misalnya dengan belajar mengubah posisi dari duduk dan berdiri, begitu pula sebaliknya. Lalu jika Anda sudah duduk selama beberapa jam, cobalah bangun sebentar untuk meregangkan tubuh bagian belakang.
Peregangan lembut akan membantu ibu hamil merasa lebih baik. Ketika Anda merasa tidak nyaman, duduklah di kursi dan silangkan satu pergelangan kaki di atas lutut Anda, dan membungkuk sedikit ke depan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba melakukan olahraga yang mampu mengurangi rasa sakit di bagian belakang, seperti yoga.
ADVERTISEMENT
Tapi, jika Anda sudah merasakan nyeri yang sangat parah dan tidak ada yang bisa Anda lakukan lagi untuk meredakannya, segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, Moms.