Mom
·
3 November 2020 11:06

Kenapa Susu Formula Menyebabkan Sembelit?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenapa Susu Formula Menyebabkan Sembelit?  (30182)
Ilustrasi susu formula. Foto: Shutterstock
Memberikan susu formula pada bayi tidak boleh sembarangan. Ya Moms, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan susu yang tepat. Sebab, pemberian susu formula mungkin saja dapat menyebabkan masalah pencernaan, salah satunya sembelit.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa gejala sembelit yang bisa terlihat pada bayi yang minum susu formula. Mulai dari buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, hingga tinja yang keluar keras, kecil serta bulat seperti kerikil.
Lantas, kenapa susu formula bisa menyebabkan sembelit pada bayi, ya?

Penyebab Susu Formula Bisa Membuat Bayi Sembelit

  1. Susu Formula Lebih Kental
Dilansir Parents, Dokter Anak yang juru bicara American Academy of Pediatrics (AAP), Joanna Dolgoff, M.D., menjelaskan bahwa bayi yang minum susu formula memang lebih berisiko mengalami sembelit dibanding bayi yang minum ASI. Itu karena susu formula lebih kental, Moms.
Nah, tekstur susu formula yang lebih kental ini ternyata memakan banyak waktu untuk dicerna bayi.
ADVERTISEMENT
"Terkadang molekul lebih sulit dicerna yang dapat menyebabkan masalah sembelit," jelasnya.
Kenapa Susu Formula Menyebabkan Sembelit?  (30183)
Ilustrasi bayi sembelit. Foto: Shutterstock
  1. Tidak Membuat Susu Formula Sesuai Takaran
Sementara itu, dikutip dari Raising Children, menyajikan susu formula yang tidak tepat juga bisa membuat bayi sembelit. Ya Moms, pastikan Anda membaca dan mengikuti petunjuk yang ada pada pembuatan susu formula.
Membuat susu formula denga air yang lebih sedikit bisa membuat susu formula menjadi sangat kental dan sangat susah dicerna bayi. Sementara, membuat susu formula dengan air yang lebih banyak, justru bisa mengurangi nutrisinya. Oleh sebab itu, pastikan Anda membuat sesuai takaran yang dianjurkan ya, Moms.
  1. Alergi Susu Formula
Dokter Spesialis Anak, dr. Intan Tumbelaka, Sp.A menjelaskan ada beberapa gejala pada anak yang alergi susu sapi. Mulai dari masalah kulit seperti ruam dan bercak-bercak merah pada kulit, masalah pernapasan pada bayi, dan masalah pencernaan seperti sembelit.
ADVERTISEMENT
"Bisa bervariasi dari masalah kulit seperti ruam atau bercak-bercak merah di kulit, masalah pernapasan seperti napas berbunyi grok-grok, batuk atau pilek yang berkepanjangan, dan masalah pencernaan seperti muntah, diare, perdarahan saluran cerna, atau sembelit," kata dr. Intan saat dihubungi kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Namun, itu hanya indikasi yang dicurigai saat bayi mengalami alergi susu formula. Tapi sebenarnya, alergi tidak bisa begitu saja diketahui secara langsung. Sehingga, perlu membawa anak ke dokter untuk memastikan diagnosisnya lebih lanjut.

Cara Atasi Bayi yang Sembelit karena Minum Susu Formula

Kenapa Susu Formula Menyebabkan Sembelit?  (30184)
susu formula Foto: Shutterstock
Moms, sebelumnya perlu diketahui, bahwa tidak ada satu pun susu formula yang terbukti bisa mengurangi atau mencegah sembelit bayi.
"Menurut AAP, mengubah formula belum tentu membantu mengatasi sembelit," kata Joanna Dolgoff, Dokter Anak sekaligus Juru Bicara AAP.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, jika bayi Anda minum susu formula dan sering mengalami sembelit, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Bila terbukti mengalami alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, dokter biasanya akan membantu memilihkan susu formula alternatif untuk si kecil.
"Pilihan kedua adalah formula khusus yang sudah menjalani proses hidrolisis tertentu. Namun ini harus dengan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya, jadi jangan menentukan sendiri jenis susu yang harus diminum," jelas dr. Intan.
Selain itu, Moms, jika bayi Anda sudah berusia 6 bulan ke atas dan mendapat MPASI, Anda bisa menyajikan makanan kaya serat dari sayur-sayuran dan buah-buahan untuk mengatasi sembelitnya.