com-Ilustrasi kedekatan ibu dan anak.

Kiat Menerapkan Disiplin Positif pada Anak di Rumah

25 Juli 2021 16:19
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Pandemi corona yang belum berakhir membuat anak masih harus belajar secara online di rumah. Akibatnya, mungkin beberapa anak jadi kurang disiplin jika harus belajar di rumah, karena bosan dengan sistem belajar yang monoton, Moms.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga dirasakan oleh MC, Podcaster, dan ibu satu anak Ankatama. Di sesi Mom's Talk bersama Biore dengan tema “Kiat Anak Sehat dan Suka Belajar di Mana Saja” di Festival Hari Anak, Minggu (25/7), ia bercerita bahwa anaknya, Kion, adalah anak yang tidak pernah betah saat melaksanakan belajar online. Sehingga, dia dan suaminya memutuskan untuk membiarkan anaknya untuk mengeksplor segala hal di sekitar rumah.
“Jadi tantangannya lebih ke bagaimana caranya Kion bisa eksplor tapi dia juga aman terlindung dari segala virus, kuman, bakteri, you name it lah,” jelas Ankatama dalam Mom’s Talk
Sementara itu, menurut Direktur Keluarga Kita, Yulia Indriati, di masa pandemi ini memang susah untuk mengakomodir kebutuhan anak. Apalagi, setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Setiap keluarga, setiap rumah, juga memiliki gaya eksplorasinya sendiri-sendiri.
ADVERTISEMENT
“Kuncinya sih sebenarnya di pandemi ini yang paling berubah tuh kan rutinitas ya. Nah itu sih sebetulnya yang mungkin bisa dikelola dulu, atau dipastikan dulu, apakah sudah berjalan dengan baik? Nah, kalau berkait dengan belajar, dan kaitannya sama rutinitas, yaitu mulai dari penjadwalan yang disepakati bersama-sama,” ujar Yulia dalam acara yang sama.
Yulia Indriati di Festival Hari Anak Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Yulia Indriati di Festival Hari Anak Foto: kumparan
Sehingga Yulia menggaris bawahi untuk membuat jadwal sehari-hari, apa yang perlu dilakukan dari bangun di pagi hari hingga tidur di malam hari. Jika rutinitasnya sudah teratur, lama-lama anak bisa terbiasa dengan disiplin positif.
“Jadi sebetulnya dengan rutinitas baru yang kita ciptakan di rumah, dan butuh waktu untuk menyesuaikan. Nah, itu nanti lama-lama tumbuh tuh kebiasaannya, tumbuh tuh disiplinnya, itu yang biasanya kita sebut dengan disiplin positif,” lanjut Yulia.
Kiat Menerapkan Disiplin Positif pada Anak di Rumah Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Kiat Menerapkan Disiplin Positif pada Anak di Rumah Foto: Shutterstock
Lantas, bagaimana ya kiat untuk menerapkan disiplin positif pada anak selama di rumah?
ADVERTISEMENT

Kiat Menerapkan Disiplin Positif pada Anak Selama di Rumah

Ankatama dan Yulia Indriati di Festival Hari Anak Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ankatama dan Yulia Indriati di Festival Hari Anak Foto: kumparan
Yulia menjelaskan bahwa disiplin positif adalah penerapan disiplin yang tidak menggunakan reward atau penghargaan, dan punishment atau hukuman. Jadi lebih menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan lewat rutinitas, lewat konsistensi, dan lewat kesepakatan.
Sehingga, Anda dan si kecil perlu membuat kesepakatan yang dibuat bersama-sama. Berapa pun usia si kecil, selama bisa berkomunikasi, penerapan disiplin positif sudah boleh dilakukan, Moms. Kemudian setelah membuat kesepakatan, terwujudlah rutinitas baru, lalu jangan lupa untuk selalu konsisten dalam melaksanakannya.
“Nah, pada saat anak melanggar kesepakatan, (kita) tidak menerapkan punishment, dan kita juga gak nyogok anak supaya mereka mau melakukan kesepakatan itu. Kemudian inilah yang kita sebut disiplin positif,” tutur Yulia.
ADVERTISEMENT
Supaya anak sadar dengan sendirinya dan tidak melanggar, anak perlu tahu kenapa mereka harus melakukan kesepakatan ini. Misalnya soal cuci tangan, anak harus tahu kenapa mereka perlu cuci tangan.
“Jadi, kalau jawabannya, ‘Ya kamu harus cuci tangan! Karena kalau kamu gak cuci tangan, awas ya kamu, nanti gak boleh makan ini!’ Nah itu sesuatu yang gak sesuai dengan penerapan disiplin positif. Dalam penerapan disiplin positif, kalau anak melakukan sesuatu, dia tuh harus tahu ini tuh kenapa. Ini yang jadi tantangan buat kita, jadi harus jelasin semuanya sendiri,” lanjut Yulia.
Ankatama di Festival Hari Anak Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ankatama di Festival Hari Anak Foto: kumparan
Ankatama lalu bercerita bahwa anaknya sangat kritis, sehingga saat menerapkan disiplin positif, anaknya selalu banyak bertanya. Untuk menjawab pertanyaan anaknya, biasanya dia akan memberikan buku atau tontonan edukatif di YouTube. Sebab, menurutnya cara ini cukup efektif.
ADVERTISEMENT
“Jadi pake buku cerita, ketika sudah mentok kan. Jadi, cari-cari sendiri di online, banyak banget buku-buku lokal perihal cuci tangan dan lain-lain, soal kuman, karena kan kuman kasat mata. Pake alat bantu ini sangat memudahkan,” tutur Ankatama.
Untuk informasi lebih lengkap soal disiplin positif pada anak, Anda bisa menonton tayangan ulang Mom’s Talk bersama Biore dengan tema “Kiat Anak Sehat dan Suka Belajar di Mana Saja” di Festival Hari Anak kumparanMOM, di bawah ini:
Rayakan Hari Anak Nasional bersama kumparanMOM di Festival Hari Anak pada 24-25 Juli 2021. Diselenggarakan virtual, acara ini bisa jadi bekal dan inspirasi pengasuhan di masa pandemi agar anak tumbuh #SehatGembiraBersama
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten