Mom
·
18 Januari 2020 15:56

Konsumsi Asam Folat Dapat Cegah Keguguran? Ini Kata Dokter

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Konsumsi Asam Folat Dapat Cegah Keguguran? Ini Kata Dokter (149439)
Ilustrasi Keguguran. Foto: Shutter Stock
Keguguran menjadi suatu hal yang paling ditakutkan bagi kebanyakan ibu hamil. Ya, keguguran atau istilah medisnya aborsi spontan merupakan kondisi kehilangan janin dalam rahim yang biasanya terjadi sebelum minggu ke-20 kehamilan.
ADVERTISEMENT
Tanda-tanda umum yang dialami saat keguguran antara lain pendarahan kecil hingga hebat, kram parah, sakit di bagian perut, demam, sakit punggung, dan merasa sangat lemah. Penyebabnya itu sendiri dapat dipicu dari beberapa faktor, Moms, seperti adanya kelainan kromosom, usia, riwayat keguguran, riwayat genetik hingga faktor lainnya.
Lantas, bagaimana cara untuk mencegah agar ibu hamil tak keguguran? Mungkin Anda pernah dengar saran, terutama dari teman yang sudah pernah hamil untuk rutin konsumsi asam folat.
Konsumsi Asam Folat Dapat Cegah Keguguran? Ini Kata Dokter (149440)
Ilustrasi ibu hamil Foto: Shutterstock
Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Boy Abidin, SpOG, hal itu benar, Moms. Asam folat merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9 yang memiliki peran penting bagi ibu hamil dan janin.
Dokter yang juga praktik di RS Mitra Kelapa Gading, Jakarta Utara ini menuturkan, bahwa organ utama sistem saraf bayi, mulai dari otak hingga tulang ekor mulai terbentuk di 3 bulan pertama. Oleh sebab itu, kebutuhan asam folat sangat penting agar perkembangan tersebut dapat berjalan dengan optimal.
ADVERTISEMENT
"Asam folat sangat penting dan diperlukan untuk pertumbuhan bayi di awal kehamilan. Manfaatnya adalah untuk mencegah bayi dari cacat tabung saraf, meningkatkan perkembangan janin, dan meningkatkan kemungkinan hamil," jelas dr. Boy dalam video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya.
Konsumsi Asam Folat Dapat Cegah Keguguran? Ini Kata Dokter (149441)
Ibu hamil trimester pertama Foto: Shutterstock
Terkait dimulainya waktu mengkonsumsi asam folat, dr. Boy menganjurkan, sebaiknya dikonsumsi sejak Anda tengah merencanakan kehamilan, Moms. Alasannya seperti yang sudah dikatakan dr. Boy, yaitu untuk meningkatkan kemungkinan hamil, lalu faktor dari seringnya kita tak sadar kalau ternyata sudah positif hamil. Ini artinya usia kandungan sudah beberapa minggu, dan masa-masa ini sudah krusial bagi pertumbuhan janin.
Asam folat sendiri dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai jenis makanan dan buah yang dijual di pasaran. Di antaranya ada di kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan, daging, dan alpukat. Selain itu, Anda pun dapat memperoleh kebutuhan tersebut dari suplemen atau minuman-minuman yang sudah terfortifikasi. Terkait suplemen dan vitamin, konsultasikanlah ke dokter terlebih dulu ya, Moms.
ADVERTISEMENT