kumparan
search-gray
Mom19 Februari 2020 8:58

Konsumsi Telur Mentah untuk Makanan Pelancar ASI, Boleh Enggak Ya?

Konten Redaksi kumparan
PTR - Telur mentah sebagai makanan pelancar ASI
Telur mentah sebagai makanan pelancar ASI. Foto: Shutter Stock
Ketika menyusui, banyak ibu yang mengkonsumsi makanan pelancar ASI. Harapannya produksi ASI dapat meningkat sehingga bisa mencukupi kebutuhan bayi.
ADVERTISEMENT
Salah satu bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah telur. Dilansir Mom Junction, telur kaya akan protein serta mengandung aneka vitamin dan mineral seperti: vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, folat, selenium, fosfor, kalsium, asam amino hingga zinc.
Selain itu, ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi telur juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuhnya. Hal itu bisa mengurangi risiko penyakit berbahaya, seperti jantung atau stroke. Telur juga baik untuk kesehatan mata, bahkan mencegah terjadinya katarak.
Dengan beragam manfaat yang dimiliki, Anda bisa makan telur 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Sementara untuk mengolahnya bisa dimasak dengan cara digoreng atau direbus. Tergantung selera Anda, Moms.
Telur mentah sebagai makanan pelancar ASI
Telur mentah sebagai makanan pelancar ASI. Foto: Shutter Stock
Tapi, bagaimana dengan telur mentah? Apakah aman dikonsumsi ibu menyusui?
ADVERTISEMENT
Mengutip Parenting First Cry, telur mentah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui. Karena telur mentah bisa memperbesar risiko terkena bakteri salmonella.
Bakteri Salmonella sendiri bisa menyebabkan demam, diare, muntah, kram perut, dan mual. Meski tidak akan masuk ke dalam ASI yang Anda produksi, tetap saja kondisi kesehatan yang terganggu tersebut bisa mengurangi kenyamanan saat menyusui.
Telur mentah sebagai makanan pelancar ASI
Telur mentah sebagai makanan pelancar ASI. Foto: Shutter Stock
Kondisi diare dan muntah-muntah berisiko membuat ibu menyusui dehidrasi. Dampaknya tubuh akan merasa lemas, sehingga justru dapat mengurangi produksi ASI Anda.
Selain mengkonsumsi telur, pastikan asupan nutrisi Anda seimbang dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan setiap hari. Anda juga perlu rutin mengosongkan payudara, dengan menyusui bayi langsung atau memompanya jika sedang tidak bersama si kecil.
ADVERTISEMENT