Mom
·
7 November 2019 10:03

Labu Parang untuk Makanan Bayi, Ini 5 Manfaatnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Labu Parang untuk Makanan Bayi, Ini 5 Manfaatnya (384)
Labu Parang Foto: Shutter Stock
Selain sayur, buah juga menjadi pilihan tepat untuk diolah menjadi makanan bayi, karena mengandung nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Apalagi banyak sekali jenis buah yang Anda pilih dan sajikan ke buah hati, salah satunya adalah labu parang.
ADVERTISEMENT
Meski labu parang bisa dibilang kalah tenar dibanding dengan melon, timun, semangka, mangga atau jenis buah lainnya, tapi manfaat labu parang juga tak kalah banyak lho. Berikut ulasannya:
1. Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak
Labu Parang untuk Makanan Bayi, Ini 5 Manfaatnya (385)
Labu Parang Foto: Shutter Stock
Pertama, bayi yang mengkonsumsi labu parang dapat membantunya untuk tidur lebih nyenyak. Kok bisa? Karena kandungan tryptophan pada labu parang dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormon serotonin. Lalu hormon ini dapat membuat bayi merasa lebih tenang, senang dan membuat tidur lebih nyenyak.
2. Baik untuk Pencernaan
Labu Parang untuk Makanan Bayi, Ini 5 Manfaatnya (386)
Labu Parang Diolah Jadi Makanan Bayi Foto: Shutter Stock
Labu parang juga mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Kedua nutrisi ini melancarkan pencernaan bayi serta untuk mencegah sembelit, Moms.
3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi dan folat yang terdapat pada labu parang merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh. Adapun fungsinya untuk membantu dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi. Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih hingga membuat luka lebih cepat sembuh.
ADVERTISEMENT
4. Menjaga Kesehatan Mata
Labu Parang untuk Makanan Bayi, Ini 5 Manfaatnya (387)
mata bayi Foto: Shutterstock
Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi labu parang adalah dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini karena warna labu parang yang berwarna kuning hingga oranye berasal dari beta karoten yang diubah menjadi vitamin A.
Adapun kandungan vitamin A dalam jumlah tinggi ini menjadi nutrisi penting yang baik untuk penglihatan bayi.
5. Merawat Kulit Bayi
Labu Parang untuk Makanan Bayi, Ini 5 Manfaatnya (388)
kulit bayi Foto: Shutterstock
Selain baik untuk mata, beta karoten juga baik untuk kesehatan kulit yang dapat membuat kulit si kecil lebih cerah serta dapat mencegah berbagai jenis penyakit.
Punya ragam manfaat yang baik untuk bayi, Anda bisa mengenalkan labu parang saat si kecil sudah diberi makanan pendamping ASI (MPASI).
Untuk mengolah labu parang sebelum diberikan ke bayi yakni dengan mengukus, merebus atau memanggannya. Apapun metodenya, yang terpenting Anda tidak memasaknya terlalu lama karena dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya.
ADVERTISEMENT