Mom
·
12 Oktober 2020 16:04

Lama Menyusui Bayi di Setiap Payudara, Apakah Harus Sama?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lama Menyusui Bayi di Setiap Payudara, Apakah Harus Sama? (14612)
Ilustrasi ibu menyusui Foto: Shutterstock
ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Tapi tak bisa dipungkiri, untuk dapat memberi ASI, bisa saja ibu menyusui menemui berbagai tantangan. Apalagi kalau pertama kali menyusui.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya tantangan, ibu mungkin juga akan mendapat banyak anjuran dari keluarga, teman atau kerabat. Senang sih, ya. Anjuran itu bisa saja bagian dari perhatian mereka. Namun bisa jadi pendapat-pendapat itu tidak benar dan bila dipercaya malah akan menghambat keberhasilan menyusui, lho!
Salah satunya yang kerap didengar adalah pendapat salah soal berapa lama ibu harus menyusui bayi di setiap payudara. Misalnya anjuran untuk mematiskan waktunya sama, 15 menit di payudara kiri dan dan 15 menit di payudara kanan. Bagaimana faktanya?

Komposisi ASI di Setiap Payudara Ibu Menyusui

Lama Menyusui Bayi di Setiap Payudara, Apakah Harus Sama? (14613)
Tidak perlu mengatur berapa lama waktu menyusui bayi Foto: Shutterstock
Dalam buku Anti Stres Menyusui, dr. Asti Praborini Sp. A., IBCLC dan dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC menjelaskan, kedua payudara memiliki komposisi ASI yang sama.
ADVERTISEMENT
Artinya? Kita tidak perlu berusaha menyamakan apalagi menjatah lamanya bayi menyusu di setiap payudara, Moms.
Susuilah bayi di satu payudara sampai bayi kenyang dan tidak perlu berganti payudara walaupun payudara sebelah basah karena ASI yang rembes.
Dengan menyusui pada satu payudara, bayi mendapatkan seluruh komposisi ASI, yang encer maupun yang kental. Pada sesi menyusui berikutnya, ibu dapat menyusui bayi dengan payudara lainnya.
Nah Moms, apakah masih ada anjuran lain seputar ASI dan menyusui yang Anda dengar hingga membuat bimbang?