Lebih Baik Mana: Bayi Diberi Minyak Telon atau Tidak?

6 Mei 2019 8:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu memilkirkan pilihan yang lebih baik untuk anak Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu memilkirkan pilihan yang lebih baik untuk anak Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat membeli perlengkapan untuk bayi, Anda mungkin tak lupa memasukkan minyak telon ke dalam daftar belanjaan. Ya, banyak ibu mengoleskan minyak telon pada perut bayi dan bagian tubuhnya lainnya setelah si kecil mandi. Tujuannya, agar badan bayi senantiasa hangat.
ADVERTISEMENT
Namun sebagian ibu ragu memberikan minyak telon karena khawatir dapat mengiritasi kulit bayinya. Sensasi panas pada kulit setelah dioleskan minyak telon dirasa kurang cocok untuk bayi. Jadi mana yang lebih baik Moms, bayi diberi minyak telon atau tidak?
Ketahuilah Moms, minyak telon terbuat dari tiga komposisi, yaitu minyak kayu putih, minyak kelapa dan minyak adas. Dari ketiga komposisi itu, minyak kayu putih lah yang menimbulkan sensasi hangat. Ketiga bahan itu sudah lama digunakan untuk berbagai manfaatnya, seperti meredakan rasa gatal, melembabkan kulit, hingga menghambat pertumbuhan jamur.
Selain menghangatkan tubuh, minyak telon juga menguarkan aroma wangi yang khas. Hal ini pula yang disukai banyak ibu dari minyak telon. Si kecil jadi selalu wangi saat dicium.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), minyak telon bekerja dengan memperlebar pembuluh darah lokal sehingga muncul sensasi hangat pada kulit dan sedikit mengurangi rasa nyeri.
Namun jika memilih memberikan minyak telon untuk bayi, pastikan Anda memilih produk dengan bahan alami yang ramah untuk kulit si kecil. Sebab, IDAI menyebutkan minyak telon tergolong sebagai bahan iritan. Pemakaian minyak telon berlebihan dapat menimbulkan ruam kulit pada bayi.
Ilustrasi minyak telon untuk bayi. Foto: Shutterstock
Bukan berarti Anda tak boleh memberikan minyak telon pada kulit bayi, Moms. Hanya gunakan secukupnya saja setelah bayi mandi. Terutama jika udara sedang panas, hindari mengoleskan minyak telon terlalu banyak.
Hindari pula memberikan minyak telon ke area sensitif bayi seperti wajah dan area selangkangan. Cukup oleskan pada perut, punggung, lengan dan tungkai bawah bayi.
ADVERTISEMENT
Pastikan juga si kecil tidak memiliki reaksi alergi pada minyak telon. Caranya, oleskan sedikit minyak telon pada kaki dan lengan bayi. Jika dalam 24 jam setelahnya tidak muncul kemerahan, artinya minyak telon aman untuk bayi Anda.