Mom
·
25 Juni 2019 15:52

Lebih Baik Mana, Bayi Mandi Pakai Sabun Cair atau Batang?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lebih Baik Mana, Bayi Mandi Pakai Sabun Cair atau Batang? (19430)
Ilustrasi Sabun Bayi. Foto: Shutter Stock
Memilih produk perawatan untuk bayi memang tidak boleh sembarangan. Salah pilih produk, bisa saja menyebabkan alergi, iritasi, dan ruam pada kulit bayi. Sabun menjadi salah satu produk perawatan bayi yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli. Hal ini dikarenakan sabun digunakan oleh si kecil setiap harinya saat mandi.
ADVERTISEMENT
Di pasaran Anda bisa menemukan banyak sekali sabun yang ditawarkan untuk bayi, baik itu sabun cair maupun sabun batang. Yang mungkin jadi pertanyaan Anda, manakah yang lebih baik untuk kulit bayi, sabun cair atau sabun batang?
Menurut dokter spesialis kulit, dr Srie Prihianti, SpKK. PhD, baik sabun cair maupun sabun batang sebenarnya sama baiknya untuk bayi, Moms. Kata dr. Yanti-sapaan akrabnya, pilihan sabun cair atau pun sabun batang itu hanya soal selera orang tua masing-masing.
"Sebetulnya tidak ada bedanya. Kalau dari sisi ingredients, daya bersih dan efek ke kulit. Hanya kebanyakan orang lebih senang sabun cair karena dirasakan lebih higienis," ujar dr Yanti -sapaan akrabnya- saat dihubungi kumparanMOM, Selasa (25/6).
Lebih Baik Mana, Bayi Mandi Pakai Sabun Cair atau Batang? (19431)
Ilustrasi Sabun Bayi. Foto: Shutter Stock
Meski sabun cair dan sabun batang sama baiknya untuk bayi, dr. Yanti tetap menyarankan orang tua supaya jeli melihat kandungan sabun yang tertera pada kemasan produknya. Ia menyarankan orang tua agar memilih sabun yang dapat meminimalisir munculnya alergi pada kulit bayi serta yang tidak menggunakan pewarna atau pun pewangi.
ADVERTISEMENT
"Produk harus berlabel hypoallergenic, supaya aman. Karena pada umumnya pewarna, pewangi dan pengawet yang sering menyebabkan masalah pada kulit bayi," katanya.
Jadi, tak perlu ragu lagi mau memberikan sabun cair atau pun sabun batang untuk si kecil ya, Moms. Kedua jenis sabun itu sama-sama aman dan boleh saja digunakan untuk bayi. Yang terpenting, perhatikan kandungan di dalam sabun itu, apakah aman atau tidak untuk kulit bayi.